Sejarah emoji hingga jadi bahasa visual modern

Oleh: Lely Maulida - Jumat, 02 Mar 2018 13:59 WIB

Seiring waktu, emoji terus berkembang dan bervariasi

(Foto: Capital)

Emoji menjadi salah satu konten yang kerap di gunakan dalam berkomunikasi. Betapa tidak, berbagai gambar yang menampilkan karakter serta ekspresi itu mampu mediskripsikan bagaimana perasaan maupun pembicaraan yang ingin diungkapkan hanya dengan satu emoji saja.

Seiring waktu, emoji terus berkembang dan bervariasi. Namun tahukah Anda bagaimana perkembangan emoji?

Dilansir Wired, emoticon lebih dulu muncul ketimbang emoji. Anda mungkin masih ingat bagaimana beragam simbol digabungkan hingga menjadi emoticon seperti berikut " :-) :-( 8-D ". Beragam emoticon itu kerap digunakan dalam berkomunikasi di tahun 1990-an. 

Kemudian emoji tercipta oleh seniman Jepang bernama Shigetaka Kurita untuk pertama kalinya. Kurita pada saat itu berkerja pada sebuah tim untuk mengembangkan i-mode, platform internet mobile pertama dari operator seluler utama di Jepang, NTT DOCOMO.

Kurita memiliki keinginan merancang antarmuka yang menarik untuk menyampaikan informasi dengan cara yang sederhana dan ringkas. Misalnya dengan sebuah ikon yang menunjukkan ramalan cuaca yang tidak cerah hanya dengan sebuah ikon ketimbang dengan mengejanya "mendung".