Rekomendasi smartphone RAM 8GB di Indonesia

Oleh: Lysti Rahma - Senin, 27 Des 2021 18:20 WIB

Di era digital saat ini, RAM kecil tidak disarankan lagi untuk dipasang gim dengan grafis yang berat. Untuk itu, berikut Tek.id rangkum rekomendari smartphone dengan RAM 8 GB.

Source: Unsplash

Membeli smartphone dengan RAM berkapasitas 8GB memiliki banyak keuntungan di antaranya yaitu lancar dalam menjalankan berbagai aplikasi dan tidak lemot. RAM memiliki peran penting dalam meningkatkan performa ponsel menjadi lebih ringan sekaligus sebagai pendukung utama kinerja prosesor.

Dengan RAM 8 GB, pengguna bisa menginstal berbagai aplikasi tanpa ada halangan. Jika RAM ponsel pengguna memiliki kapasitas yang kecil, tentu tidak bisa sembarangan untuk instal aplikasi. Bahkan, jumlah aplikasi yang bisa di instal justru akan terbatas. 

Di era digital saat ini, RAM kecil tidak disarankan lagi untuk dipasang gim dengan grafis yang berat. Untuk itu, berikut Tek.id rangkum rekomendari smartphone dengan RAM 8 GB. Perlu diketahui, harga yang tertulis merupakan harga terbaru di situs resmi, serta beberapa e-commerce seperti Blibli.com, Tokopedia, Shopee, dan lain sebagainya, sehingga bisa saja berubah sewaktu-waktu. 

1. Realme 8 dan 8 Pro

Realme 8 dan Realme 8 Pro sama-sama mengusung layar Super AMOLED 6,4 inci dan mendukung refresh rate 60 Hz. Bagian kiri atas layar Realme 8 dihiasi dengan lubang punch hole yang menampung kamera 16 MP (f/2.5), begitu juga Realme 8 Pro.