Rekomendasi smartphone 5G di Indonesia

Oleh: Zhafira Chlistina - Kamis, 27 Mei 2021 18:38 WIB

Telkomsel baru saja menggelar jaringan 5G mulai hari ini di Indonesia. Berikut Tek.id rangkum kumpulan smartphone 5G yang tersedia di Indonesia.

Telkomsel hari ini (27/5) resmi secara perdana menggelar jaringan 5G di Indonesia. Gelaran jaringan generasi kelima ini dilakukan setelah Kementerian Komunikasi dan Informatika menerbitkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) kepada Telkomsel pada Senin, 24 Mei lalu.

Pada tahap awal, jaringan 5G Telkomsel tersedia di sembilan kota di Indonesia mencakup Medan, Batam, Bandung, Jakarta, Surakarta, Surabaya, Denpasar, Balikpapan dan Makassar. Secara khusus, jaringan ini digelar di lokasi yang menjadi pusat Point of Interest (POI) seperti di area residensial atau pemukiman.

Sementara itu di Jakarta, 5G Telkomsel sudah tersedia di 26 wilayah. Ini termasuk Alam Sutera (Kunciran Mas, Griya Sutera, Sutera Lavender), Kelapa Gading (Gading Pandawa, Gading Harmony, Villa Gading Indah), PIK (Bukit Gold Mediterania, Komplek  Johar, Golf Coast PIK), Pondok Indah (Pondok Indah Town House, Perumahan Pondok Indah) dan Widya Chandra (Komplek Widya Chandra, Perumahan Dinas Menteri Widya Chandra) serta BSD (Boulevard BSD, Puspita Loka CLuster, Provence Parland).

Untuk dapat menikmati jaringan yang super cepat ini, pengguna tidak perlu mengganti kartu SIM. Menurut penuturan CEO Telkomsel Setyanto Hantoro, kartu SIM 4G yang saat ini kita pakai dapat mendukung jaringan 5G. 

Meski demikian, perangkat yang digunakan harus kompatibel. Untuk dapat menjangkau jaringan yang berjalan pada rentang pita frekuensi 2.300-2.400 MHz ini, Anda harus memiliki smartphone dengan dukungan 5G. Tapi jangan khawatir, karena smartphone 5G kini sudah banyak tersebar di Indonesia. Meski tidak semua mendukung 5G Telkomsel, beberapa smartphone 5G ini ke depannya akan mendukung jaringan 5G berbagai operator di Indonesia. Berikut Tek.id rangkum smartphone 5G dari kelas menengah hingga flagship.