Prosesor Tensor G3 akan buat Pixel 8 sekuat laptop

Oleh: Zhafira Chlistina - Senin, 05 Jun 2023 13:10 WIB

Tensor G3 yang akan datang memiliki peningkatan besar pada CPU-nya, sepenuhnya didesain ulang dan menggunakan core ARMv9 2022 terbaru.

Google memperluas keluarga Pixel-nya dengan memperkenalkan Pixel 7A di acara I/O baru-baru ini. Sekarang, perusahaan bersiap untuk merilis seri Pixel 8 yang diharapkan memiliki sejumlah fitur unik, termasuk prosesor Tensor G3. Belum lama ini, bocoran mengungkapkan prosesor tersebut akan memberikan tenaga sekuat laptop. 

Tensor G3 yang akan datang memiliki peningkatan besar pada CPU-nya. Ini sepenuhnya didesain ulang dan menggunakan core ARMv9 2022 terbaru. Google beralih dari konfigurasi core 4+2+2 pada generasi sebelumnya dan mengadopsi konfigurasi sembilan core yang unik untuk G3. 

Dikutip dari Gizmochina (5/6), pengaturan sembilan core ini terdiri dari empat Cortex-A510, empat Cortex-A715, dan satu Cortex-X3. Ini dirancang untuk memberikan peningkatan kinerja yang signifikan. 

Chip juga mencakup ARM advanced Memory Tagging Extensions, yang dirancang untuk membantu melindungi perangkat dari serangan berbasis memori. Selain itu, Pixel 8 hanya akan menjalankan aplikasi 64-bit. 

Tidak hanya itu, Tensor G3 di Pixel 8 dikabarkan memiliki prosesor grafis baru, Arm Mali-G715. Ini adalah prosesor 10 inti, yang merupakan peningkatan dari model sebelumnya.