Perbandingan spesifikasi Samsung Galaxy S10 dan Xiaomi Mi 9

Oleh: Lely Maulida - Jumat, 22 Feb 2019 08:30 WIB

Baik Galaxy S10 maupun Mi 9 mengandalkan fitur kamera dengan konfigurasi tiga lensa. Performanya juga ditopang dengan chipset seri terbaru.

Dua vendor ponsel ternama meluncurkan smartphone andalannya secara bersamaan. Xiaomi memperkenalkan jajaran Mi 9 dan Samsung meresmikan jajaran Galaxy S10 serta Galaxy Fold. Kedua vendor mengandalkan smartphone barunya tersebut sebagai ponsel terbaik, setidaknya sejauh ini.

Baik Galaxy S10 maupun Mi 9 mengandalkan fitur kamera dengan konfigurasi tiga lensa. Performanya juga ditopang dengan chipset seri terbaru. Lantas bagaimana dengan spesifikasi lainnya? Berikut ulasan perbandingan Xiaomi Mi 9 dan Samsung Galaxy S10.

Desain

Soal desain, kedua smartphone ini tampak mewah dan layak menyandang sebutan "flagship". Baik Mi 9 maupun Galaxy S10 menawarkan bentang layar luas dengan bezel sangat tipis. Sekilas kedua smartphone ini bahkan tampak tanpa bezel. Yang membedakannya adalah ukuran layar dimana Mi 9 punya layar Super Amoled 6,39 inci (1080 x 2340 piksel), sementara S10 layarnya Dynamic Amoled 6,1 inci (1440 x 3040 piksel). Layar ini juga mengakomodir fitur pemindai sidik jari. Ini sekaligus menandai debut Galaxy S10 sebagai ponsel Samsung yang mengadopsi teknologi fingerprint di layar.

Pembeda yang paling kentara adalah notch atau poni layar. Ponsel Xiaomi mengusung poni jenis waterdrop. Sedangkan Samsung sesuai dengan rumornya tak punya poni, namun memiliki lubang untuk mengakomodir kamera depannya. Samsung menyebut konsep layarnya itu sebagai Invinity O. Konsep itu memungkinkan Galaxy S10 tampak didominasi layar, meskipun lubangnya sedikit mengganggu tampilan.