OPPO patenkan desain smartphone yang bisa dilipat berkali-kali

Oleh: Hieronimus Patardo - Kamis, 05 Nov 2020 10:36 WIB

Paten smartphone lipat OPPO bisa dibilang radikal. Paten ini menunjukkan smartphone yang bisa dilipat hingga berkali-kali.

OPPO sampai saat ini belum meramaikan pasar smartphone lipat. Kendati begitu, perusahaan asal Tiongkok ini dilaporkan memiliki sebuah paten desain smartphone lipat dengan konsep yang cukup unik. Setidaknya ada empat paten yang diperoleh yang menunjukkan perangkat yang bisa dilipat berkali-kali. 

Umumnya, ponsel lipat hanya hadir dengan satu mekanisme lipat saja. Misalnya Huawei Mate X, Galaxy Fold dan Z Fold 2, Galaxy Z Flip atau Motorola Razr. Semuanya hanya memiliki satu sumbu engsel saja. Namun paten terbaru OPPO menunjukkan kalau smartphone lipat itu memiliki beberapa sumbu engsel. 

Dalam gambar paten itu, terlihat beberapa beberapa garis yang menunjukkan sumbu lipatan smartphone ini. Alhasil, smartphone lipat OPPO - setidaknya dalam paten itu, mampu dilipat berkali-kali hingga berukuran kecil. Jumlah blok-blok lipatan itu pun berbeda-beda di setiap patennya. 

Dilansir dari Gizmochina (5/11), paten pertama menunjukkan perangkat yang memiliki dua engsel dan enam blok. Terdapat juga dua kamera yang dilengkapi dengan LED Flash. Kamera ini terletak di area bawah sisi depan smartphone tersebut. Cover-nya tampil mulus tanpa kamera.