Menjajal Samsung Galaxy A71

Oleh: Erlanmart - Senin, 27 Jan 2020 17:10 WIB

Dengan ukuran dimensi 163,6 x 76 x 7,7 mm, Galaxy A71 terasa cukup tipis ketika saya genggam. Meski ukuran layarnya 6,7 inci, ponsel ini bisa saya akses menggunakan dengan satu tangan.

Beberapa waktu lalu Samsung secara resmi menghadirkan ponsel terbaru mereka, Galaxy A71. Ponsel yang menyasar segmen menengah ke atas ini merupakan sang penerus Galaxy A70 dan tentu saja menawarkan sejumlah peningkatan dari sisi spesifikasi dan fitur. Sebagai informasi, Galaxy A71 diperkuat dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 730G serta penyimpanan internal sebesar 128 GB.

Kapasitas penyimpanan tersebut memang terbilang sudah sangat lega, tetapi jika kamu ingin menambahkan memori eksternal, terdapat slot microSD hingga 512 GB. Dalam hal kapasitas RAM, Galaxy A71 tersedia dalam ukuran 8 GB. Tidak ketinggalan pula antarmuka One UI 2 yang berbasis sistem operasi Android 10.

Kali ini saya berkesempatan untuk menjajal sebentar menggunakan ponsel teranyar dari perusahaan asal Negeri Ginseng tersebut. Salah satu fitur yang diandalkan dalan A71 adalah AI Gaming Booster. Dari namanya saja sudah ketahuan jika fitur ini berguna untuk meningkatkan performa ketika pengguna bermain gim. Pada kesempatan kali ini saya memainkan gim Free Fire.

Di gim yang memiliki gameplay mirip PUBG ini, A71 menampilkan gerakan gim yang lancar. Meski sesekali muncul sedikit sendatan, saya sama sekali tidak merasa terganggu. Lagipula, sendatan yang saya alami bisa saja terjadi karena konektivitas internet yang tidak stabil. Asyiknya lagi, A71 menawarkan jack audio 3,5 sehingga dapat mengisi ulang baterai sambil menghubungkan earphone. Detil yang diperlihatkan selama saya bermain gim keluaran Garena ini cukup detail, termasuk rumput yang tertiup angin.

Dengan ukuran dimensi 163,6 x 76 x 7,7 mm, A71 terasa cukup tipis ketika saya genggam. Meski ukuran layarnya 6,7 inci, ponsel ini masih bisa saya akses hanya menggunakan dengan satu layar. Oiya, saya juga merasa bobot ponsel ini cukup ringan. Jadi mungkin tangan kamu tidak akan terlalu pegal ketika menggenggamnya terlalu lama, seperti sedang menonton video.