Mengenang smartphone pertama Android, T-Mobile G1

Oleh: Lely Maulida - Selasa, 25 Sep 2018 16:30 WIB

T-Mobile G1 merupakan smartphone hasil kolaborasi operator T-Mobile, Google dengan HTC dan menjadi smartphone pertama yang berbesis Android.

(Foto: Cnet)

Android kini genap berulang tahun yang ke-10. Tahukah Anda smartphone Android pertama yang hadir untuk konsumen? Adalah T-Mobile G1, yang hasil kolaborasi operator T-Mobile, Google dengan HTC.

Secara global, smartphone itu dikenal sebagai HTC Dream. Pengguna bisa merasakan Android dalam genggaman tangannya. Meski menggebrak pasar, G1 kala itu dinilai sebagai perangkat yang biasa, tanpa hal yang istimewa. 

Smartphone itu menawarkan pengalaman open source yang dapat disesuaikan dengan pengguna. Hal tersebut bertolak belakang dengan iPhone buatan Apple. Namun, justru hal tersebutlah yang menjadi awal Android mendapat perhatian publik.

Kala itu, T-Mobile G1 diluncurkan dengan kemampuan mengakomodir jaringan 3G - yang hanya isa dijalankan di beberapa pasar saja. G1 memulai debutnya seharga USD179 atau sekitar RP2,6 juta. Fitur andalannya meliputi aplikasi asli Gmail dan Maps serta unduhan musik melalaui Amazon. 

Android Market atau bakal aplikasi Play Store juga telah disematkan pada G1, meski hanya dengan dukungan yang terbatas. Toko aplikasi itu bahkan tak mendukung aplikasi berbayar hingga awal 2009.