Membandingkan Vivo V9 dengan smartphone lain

Oleh: Riandanu Madi Utomo - Jumat, 30 Mar 2018 13:18 WIB

Kami membandingkan Vivo V9 dengan smartphone yang spesifikasinya mirip, berikut ini adalah hasil perbandingannya

Vivo baru saja merilis smartphone barunya, yaitu V9. Peluncurannya tergolong megah, bahkan mengundang 12 stasiun televisi untuk menyiarkannya secara langsung. Pertanyaannya, apakah V9 memang sangat istimewa sehingga Vivo harus menggelar acara yang sangat megah?

Di atas kertas, Vivo V9 tampil dengan chipset Qualcomm Snapdragon 450 dengan dukungan RAM 4GB dan penyimpanan internal (ROM) 64GB. Layarnya menggunakan resolusi FHD+ dengan bentang 6,3 inci dan rasio 19:9. 

Salah satu nilai jual utamanya terdapat di kamera. Vivo V9 dibekali dua kamera belakang beresolusi 13MP+2MP yang dilengkapi dengan LED flash. Sedangkan kamera depannya beresolusi 24MP dengan aperture (f2.0). Kamera smartphone ini juga diklaim didukung dengan sistem Artificial Intelligence (AI), meski tidak disebutkan secara bagaimana AI pada V9 bekerja.

Yang menarik adalah banderol harganya. Vivo V9 diumumkan dengan label harga Rp3.999.000 atau Rp4 juta kurang seribu rupiah. Kami pun penasaran apakah smartphone ini memang layak dibeli atau tidak.

Sebagai catatan tambahan, kami tidak membandingkan resolusi kamera karena kualitas foto dan performa kamera tidak bisa dibandingkan hanya dengan besar resolusi sensor kamera yang diusung dan spesifikasi di atas kertas.