Meizu Zero, smartphone tanpa port dan tombol

Oleh: Lely Maulida - Kamis, 24 Jan 2019 13:07 WIB

Yang menarik dari smartphone ini adalah desainya karena dirancang tanpa tombol fisik, bahkan hingga tanpa ada port slot untuk kartu SIM.

Meizu menggebrak pasar dengan smartphone baru yang mutakhir. Disebut Meizu Zero, smartphone ini dirilis di negeri asalnya - China. Yang menarik dari smartphone ini adalah desainya karena dirancang tanpa tombol fisik, bahkan hingga tanpa ada port slot untuk kartu SIM.

Sebagai gantinya, Meizu Zero bergantung pada eSIM dan mengandalkan tekanan sensitif untuk volume serta tombol power. Semua ini dilakukan menggunakan teknologi yang mereka namakan sebagai mEngine 2.0. Kemampuan ini cukup mirip dengan teknologi milik HTC di perangkat U11 mereka.

Anda juga tak akan menemukan jack audio 3,5mm atau port USB tipe C untuk mengisi daya smartphone. Pengguna diharuskan memakai charger nirkabel Super mCharge serta aksesori audio Bluetooth nirkabel.

Vivo juga dikabarkan tengah merancang smartphone dengan konsep serupa yang disebut Vivo Apex 2019. Namun rupanya Meizu mencuri start dengan merilis smartphone buatannya lebih dulu. 

Meski telah dirilis, harga Meizu Zero belum diumumkan. Terkait fitur eSIM, perusahaan mengatakan masih harus mendapatkan persetujuan dari pihak regulator. Usai izin itu didapatkan, Meizu Zero baru akan dipasarkan. Belum diketahui apakah smartphone ini akan tersedia secara global atau tidak.