iPhone 15 Pro akan punya RAM 8 GB

Oleh: Erlanmart - Kamis, 23 Feb 2023 11:19 WIB

Akhir tahun ini Apple akan mengumumkan ponsel terbarunya lewat seri iPhone 15. Model iPhone 15 Pro diperkirakan memiliki RAM 8 GB.

iPhone 14 Pro

Laporan terbaru mengatakan bahwa seri iPhone 15 mendatang akan menerima peningkatan RAM secara keseluruhan. Laporan dari TrendForce melalui MacRumors ini menunjukkan bahwa Apple berencana untuk meningkatkan kapasitas dan spesifikasi DRAM, yang berpotensi meningkatkan kinerja untuk ponsel flagship Apple berikutnya.

Meskipun laporan tersebut tidak memberikan banyak detail informasi, diyakini bahwa RAM model iPhone Pro dapat ditingkatkan menjadi 8 GB, peningkatan dari RAM 6 GB saat ini. Ini dapat menghasilkan kinerja yang lebih efisien untuk iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max (atau iPhone 15 Ultra, seperti yang dibocorkan beberapa rumor). Dispekulasikan juga bahwa model reguler iPhone 15 dan iPhone 15 Plus mungkin tidak mengalami peningkatan kapasitas.

Dilansir dari Gizmochina (23/2), selain peningkatan kapasitas laporan tersebut menunjukkan bahwa Apple mungkin juga mempertimbangkan perubahan spesifikasi untuk model non-Pro dengan memperkenalkan RAM LPDDR5, spesifikasi yang lebih cepat daripada LPDDR4X pada iPhone 14. iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max saat ini menggunakan LPDDR5, sehingga perubahan ini dapat membawa performa model non-Pro mendekati model Pro.

Kombinasi peningkatan RAM dan chipset A17 Bionic mendatang dapat memperkuat keunggulan Apple di departemen kinerja komputasi. Ini akan menandai peningkatan RAM pertama sejak diperkenalkannya kapasitas 6 GB di iPhone 12 Pro.

Render eksklusif perangkat tersebut telah muncul, memberi kita gambaran sekilas tentang apa yang dapat diharapkan dari ponsel flagship Apple yang akan datang. Bagian tepi ponsel telah ditata ulang untuk menciptakan transisi yang lebih mulus ke frame, menjanjikan genggaman yang lebih nyaman dan mengurangi kemungkinan sentuhan yang tidak disengaja.