Icip-icip Galaxy Note 9, apa hebatnya?

Oleh: Erlanmart - Minggu, 12 Agst 2018 01:53 WIB

Samsung Galaxy Note 9 punya beragam fitur baru. Berikut adalah pengalaman saya menjajal fitur unggulan smartphone flagship tersebut

Galaxy Note 9 (kiri) dan Galaxy Note 8 (kanan)

Setiap tahun Samsung pasti menghadirkan dua smartphone flagship. Setelah pada Februari lalu menghadirkan perangkat flagship Galaxy S9 yang masuk ke dalam seri S, kini perusahaan yang berbasis di Korea Selatan tersebut mengumumkan Galaxy Note 9.

Belum ada 24 jam setelah mengumumkan Galaxy Note 9 secara global di New York lewat acara bertajuk Galaxy Unpacked, Samsung mengumumkan Galaxy Note 9 sudah dapat dipesan melalui sesi pre-order di Indonesia mulai tanggal 10 hingga 19 Agustus 2018.

Kebetulan saya sempat menjajal smartphone yang memiliki slogan “The New Super Powerful Note” tersebut. Menilik dari bagian fisik, saya tidak merasa ada perbedaan yang terlalu mencolok antara Galaxy Note 9 dibandingkan dengan pendahulunya (Galaxy Note 8). Galaxy Note 9 masih dirancang dengan agak melengkung di bagian sisi kiri dan kananya.

Pada bagian tepi kanan, Anda akan melihat hanya satu tombol fisik, yaitu tombol daya. Sudah dapat ditebak bahwa tombol akses volume terletak di sisi sebelah kiri. Bagi Anda yang gemar mendengarkan musik lewat earphone, cara ini sangat praktis lantaran dapat dengan mudah mengakses tombol volume, meski tanpa melihatnya (contoh: ketika kondisi smartphone di dalam kantung celana).

Di area tepi atas, Anda akan melihat slot kartu SIM dan micro SD yang hanya dapat diakses menggunakan alat khusus. Beralih ke bagian tepi bawah, Samsung menyediakan port untuk jack audio 3,5 mm. Penyematan port tersebut bisa dibilang agak unik lantaran saat ini kebanyakan smartphone flagship sudah mulai meninggalkannya. Pada bagian ini, Anda juga akan melihat port USD Type-C untuk mengisi ulang atau transfer data.