Pengalaman kami menjajal Pocophone F1

Oleh: Erlanmart - Selasa, 28 Agst 2018 09:57 WIB

Gimana sih rasanya menggunakan Pocophone F1? Simak pengalaman singkat kami menjajal smartphone termurah yang menggunakan Snapdragon 845

Xiaomi meresmikan kehadiran sub-brand Pocophone sekaligus smartphone Pocophone F1 di Indonesia. Meski dilengkapi dengan prosesor flagship Snapdragon 845 dari Qualcomm, smartphone ini dibanderol seperti smartphone kelas menenengah, yaitu mulai dari Rp 4.499.000 untuk versi yang menggunakan RAM 6 GB dan penyimpanan internal sebesar 64 GB. Kebetulan saya berkesempatan menghadiri peluncuran smartphone tersebut dan menjajalnya.

Pada bagian belakang, Pocophone F1 dapat saya katakan terlihat seperti ponsel premium dengan bahan matte. Namun ketika saya memegangnya, kesan premium menjadi agak berkurang lantaran menggunakan material plastik. Meski demikian, bahan plastik tersebut terasa solid dan jauh dari kesan ringkih. Saya juga menyukai cara Pocophone menggunakan bahan matte pada Pocophone F1 sehingga dijamin tidak terlalu mudah untuk terkena noda sidik jari.

Pada bagian sisi kanan smartphone, saya melihat ada tombol pengatur volume dan tombol daya. Memang cara tersebut dapat menyebabkan salah akses ketika kita tidak melihatnya atau saat kondisi ponsel di dalam kantung celana. Memang, saya tidak sempat mengantungi Pocophone F1 untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara tombol volume dan tombol daya. Tetapi dapat saya pastikan kedua tombol tersebut dapat dibedakan karena posisinya yang berjauhan dan bentuknya yang beda panjang.

Agar kekinian, Pocophone F1 juga dilengkapi dengan kamera belakang ganda yang masing-masing memiliki resolusi 15 MP dan 5 MP. Konfigurasi kamera ganda berfungsi untuk menghadirkan efek bokeh ketika menggunakan mode Portrait. Saya sempat mencoba mode tersebut. Hasil yang digunakan cukup bagus karena mampu subjek dan latar dengan benar. Efek bokeh terlihat bagus, tetapi saya merasa efek tersebut kurang alami.