Pengguna Google Gboard bisa melaporkan masalah lebih cepat dengan fitur baru 'Quality Bug Report'

Oleh: Lysti Rahma - Selasa, 26 Mar 2024 11:09 WIB

Fitur terbaru dari Gboard ini akan membuka alat standar Google untuk melaporkan masalah dan memberikan umpan balik pada platform Android.

Sumber: Google

Dalam waktu dekat, pengguna Google Gboard akan mendapat kemudahan untuk menyampaikan keluhan terhadap kinerja aplikasi dengan lebih cepat. Fitur "Quality Bug Report" ini ditemukan dalam versi beta terbaru Gboard (13.9.13.x) khusus untuk perangkat Pixel.

Dilansir dari Phone Arena (26/3), seperti dilaporkan oleh 9to5Google, Gboard kini memperkenankan pengguna untuk dengan cepat melaporkan "Quality Bug Report". Ini merupakan fitur terbaru dari Gboard, di mana pintasan ini akan membuka alat standar Google untuk melaporkan masalah dan memberikan umpan balik pada platform Android.

Bagi pengguna yang tidak tergabung dalam program beta, namun tetap ingin menyampaikan masalah atau saran terkait Gboard, mereka sebelumnya harus melewati proses yang lebih panjang. Proses pengajuan masalah saat ini melibatkan beberapa langkah, seperti pergi ke pengaturan Gboard, mengetuk opsi Bantuan & umpan balik di bagian bawah, lalu mengirimkan umpan balik.

Namun, ketika fitur beta ini diluncurkan secara resmi untuk publik, prosesnya akan menjadi lebih cepat dan mudah. Cukup dengan dua ketukan atau bahkan satu ketukan jika pengguna menambahkan pintasan "Quality Bug Reports" di toolbar pintasan.

Meskipun alur kerjanya tetap sama, dengan tambahan "Quality bug report" di awal kolom "deskripsikan masalah Anda", hal ini akan memudahkan tim pengembang Gboard untuk memfilter dan menemukan umpan balik yang diajukan oleh pengguna.