Begini cara hubungkan iPhone 14 dengan koneksi satelit

Oleh: Zhafira Chlistina - Kamis, 08 Sep 2022 06:38 WIB

Layanan yang disebut Emergency SOS via Satellite ini memungkinkan iPhone 14 mengirim pesan darurat tanpa menggunakan sinyal seluler. 

Apple akhirnya melebarkan sayapnya ke luar angkasa melalui iPhone 14 - secara harfiah - karena dapat terhubung dengan satelit yang berada jauh di atas bumi. Layanan yang disebut Emergency SOS via Satellite ini memungkinkan ponsel mengirim pesan darurat tanpa menggunakan sinyal seluler. 

Untuk dapat terhubung dengan satelit, diperlukan antena yang besar, yang biasa ditemukan pada telepon satelit. Sebagai gantinya, Apple merekayasa antena yang terpasang pada bodi agar dapat langsung mengirim dan menerima data ke satelit yang mengorbit.

Namun karena antena yang terbatas, pengguna harus mengarahkan iPhone 14 langsung ke satelit, seperti yang dilakukan saat mencari sinyal. Setelah terhubung dengan satelit, pengguna tidak boleh berpindah tempat agar pesan dapat dikirim dan diterima. 

Dalam hal ini, Apple merancang sebuah aplikasi yang menunjukkan pengguna ke mana mereka harus mengarahkan perangkat agar bisa mendapatkan koneksi satelit.