Cara atasi iPhone yang tidak bisa di-charge

Oleh: Zhafira Chlistina - Jumat, 24 Apr 2020 11:27 WIB

Saat iPhone Anda tidak bisa melakukan pengisian daya, pasti ada satu dari banyak faktor yang memengaruhinya. Berikut Tek.id jelaskan cara mengatasinya.

Source: Oleex

Saat iPhone Anda tidak bisa melakukan pengisian daya, pasti ada satu dari banyak faktor yang memengaruhinya. Hal terpenting yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu kemungkinan faktor-faktor tersebut. Baru setelah itu Anda bisa memutuskan langkah selanjutnya untuk memperbaiki masalah pengisian daya itu. Berikut Tek.id sebutkan kemungkinan-kemungkinan yang dapat menyebabkan iPhone tidak bisa di-charge beserta cara mengatasinya.

1. Port tersumbat

Kemungkinan pertama adalah port untuk pengisian daya yang tersumbat. Port pengisian daya adalah salah satu akses terbuka yang ada di seluruh perangkat Apple. Bukaan ini rentan sekali dimasuki kotoran, debu, dan serat dari saku Anda yang menumpuk. Ketika Anda memasang kabel USB, rasanya kabel seperti menyambung erat dengan port. Namun pada kenyataannya, energi tidak tertransfer baik ke iPhone karena USB port tidak terhubung.

Tapi tidak perlu khawatir, Anda dapat dengan mudah mengatasi masalah ini dengan membersihkan port pada iPhone. Anda bisa meniupkan udara dengan cara apapun atau mencongkelnya dengan hati-hati. Hanya saja pastikan tidak ada cairan yang masuk atau perangkat tajam yang bisa merusak port.

2. Kualitas kabel atau charger Anda kurang baik