Mengungkap peran AI di kamera Asus ZenFone 5

Oleh: Riandanu Madi Utomo - Rabu, 28 Feb 2018 03:11 WIB

Asus kini bermain dengan AI untuk memaksimalkan performa kameranya

Asus Global Marketing Head, Marcel Campos (Asus)

Asus resmi mengumumkan ZenFone 5. Smartphone baru tersebut akan menjadi motor utama Asus di persaingan smartphone tahun ini. Sesuai dengan bocoran yang beredar, ZenFone 5 tampil sebagai smartphone premium dan tentunya akan bersaing dengan produk sekelasnya seperti Galaxy S9 yang juga baru dirilis di MWC 2018. Tapi apa senjata Asus kali ini? Jawabannya adalah kamera.

Bukan kamera biasa

Mungkin Anda bosan mendengar kamera menjadi fitur unggulan Asus ZenFone 5 kali ini karena sebelumnya Galaxy S9 juga mengandalkan kamera sebagai penarik perhatian utama. Tapi jangan salah, teknologi kamera di ZenFone 5 berbeda dengan kompetitornya. Kali ini Asus sangat memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence alias kecerdasan buatan (AI) untuk mendongkrak performa kamera ZenFone 5.

Saat melakukan presentasi di atas panggung, Asus Global Marketing Head, Marcel Campos mengungkapkan AI menjadi fitur utama yang bakal mendongkrak kualitas jepretan di kamera ZenFone 5. Ia mengatakan AI di ZenFone 5 sudah bisa mengenali 16 jenis pemandangan dan subjek foto, mulai dari orang, makanan, hewan, matahari terbenam, langit, salju, lautan, bunga, hingga tulisan.