Apple rilis iPad Gen 9 dan iPad Mini baru dengan USB-C

Oleh: Erlanmart - Rabu, 15 Sep 2021 09:46 WIB

Perubahan besar lainnya ada di sektor kamera. Kamera depan memiliki sensor 12 MP baru dengan Center Stage, fitur yang hadir di iPad Pro.

Source: Gizmochina

Bersamaan dengan peluncuran produk lainnya, Apple juga mengenalkan iPad generasi ke-9 dan iPad Mini terbaru. Kedua tablet anyar ini mengemas fitur baru seperti chipset yang lebih cepat, kamera yang lebih baik, dan sistem operasi iPadOS 15 baru.

iPad generasi ke-9 mengusung Retina Display 10,2 inci dengan bezel berukuran sama seperti pendahulunya. Lantaran bezel tersebut belum dirampingkan, maka masih ada fitur Touch ID di bezel bawah. Fitur baru yang ditambahkan adalah True Tone yang secara otomatis menyesuaikan suhu warna berdasarkan cahaya sekitar.

Dilansir dari Gizmochina (15/9), peningkatan besar terjadi pada chipset A13 baru yang menghadirkan performa 20% dalam hal CPU, GPU, dan Neural Engine. Model standar kini memiliki penyimpanan lebih besar 2x lipat, jadi pengguna akan mendapatkan ruang penyimpanan 64 GB ketimbang 32 GB.

Perubahan besar lainnya ada di sektor kamera. Kamera depan memiliki sensor 12 MP baru dengan Center Stage, fitur yang hadir di iPad Pro tahun lalu yang secara digital menggeser kamera saat melakukan panggilan video. Sedangkan kamera belakang memiliki resolusi 8 MP.

iPad generasi ke-9 kompatibel dengan Apple Pencil generasi pertama serta Apple Smart Keyboard. Harga untuk iPad model terbaru ini adalah USD329 atau sekitar Rp4,7 juta.