SpaceX siap terbangkan roket paling kuat pada Februari

Oleh: Erlanmart - Kamis, 26 Jan 2023 15:18 WIB

Pengujian mesin yang berhasil kemudian akan melihat Starship ditempatkan kembali di atas roket untuk penerbangan uji orbit yang sangat dinantikan.

Source: Digital Trends

SpaceX telah menyelesaikan simulasi latihan pertama dari roket Super Heavy bertumpuk dan pesawat ruang angkasa Starship. Latihan tersebut, yang melibatkan bahan bakar roket generasi baru SpaceX dan bekerja melalui prosedur pra-peluncuran, merupakan langkah penting menuju penerbangan orbit pertama pesawat, yang dapat berlangsung pada bulan Februari atau Maret.

Percobaan latihan itu berlangsung di fasilitas Starbase SpaceX di Boca Chica, Texas, pada hari Senin. SpaceX mengumumkan penyelesaian tes dalam tweet, tetapi tidak menyebutkan apakah itu berhasil. “Starship menyelesaikan uji cobanya seperti penerbangan penuh pertama di Starbase,” kata SpaceX dikutip dari Digitaltrends. “Ini adalah pertama kalinya Kapal dan Booster yang terintegrasi terisi penuh dengan lebih dari 10 juta pon propelan.”

Starship completed its first full flight-like wet dress rehearsal at Starbase today. This was the first time an integrated Ship and Booster were fully loaded with more than 10 million pounds of propellant pic.twitter.com/btprGNGZ1G — SpaceX (@SpaceX) January 24, 2023

Jika uji coba tersebut berjalan sesuai rencana, Starship akan dikeluarkan dari bagian atas roket Super Heavy sebagai persiapan untuk uji luncur statis di mana booster tahap pertama ditambatkan ke tanah sebelum 33 mesin Raptor 2-nya ditembakkan untuk memastikannya ia berfungsi seperti yang diharapkan.

Pengujian mesin yang berhasil kemudian akan melihat Starship ditempatkan kembali di atas roket untuk penerbangan uji orbit yang sangat dinantikan sehingga akan membuat pesawat ruang angkasa mendapat tempat di buku rekor sebagai yang paling kuat yang pernah terbang.