Semakin lengkap, SpaceX bangun stasiun luar angkasa untuk komersial

Oleh: Zhafira Chlistina - Selasa, 16 Mei 2023 10:18 WIB

SpaceX dan Vast mengumumkan rencana ambisius untuk meluncurkan stasiun luar angkasa komersial pertama di orbit rendah Bumi. 

Bulan lalu, SpaceX memulai misinya untuk mencetak rekor dunia, mengomersialkan perjalanan ke luar angkasa. Melanjutkan misi tersebut, perusahaan sekarang sedang bersiap untuk membangun stasiun luar angkasa komersial pertama di dunia. 

International Space Station (ISS), yang kini menjadi basecamp bagi para astronot di orbit rendah Bumi, mendekati akhir masa operasionalnya. Melangkah ke tantangan ini, SpaceX dan Vast mengumumkan rencana ambisius mereka untuk meluncurkan stasiun luar angkasa komersial pertama. 

Untuk mewujudkan cita-cita ini, SpaceX bermitra dengan Vast - perusahaan berbasis di Los Angeles. Misi tersebut akan dimulai oasa awal Agustus 2025, dengan meluncurkan modul utama stasiun, Haven-1, ke orbit rendah Bumi menggunakan roket Falcon 9. 

Segera setelah peluncuran Haven-1, modul yang lebih besar akan bergabung, bernama Vast-1. Ini akan diikuti oleh pesawat luar angkasa SpaceX Crew Dragon yang membawa tim yang terdiri dari empat astronot.

Tim ini diharapkan untuk tinggal dan bekerja di stasiun utama selama sekitar satu bulan sebelum melakukan perjalanan kembali ke Bumi dengan menaiki kapsul Crew Dragon. 

Tag