Situs ini gunakan AI untuk membuat wajah buatan

Oleh: Nur Chandra Laksana - Minggu, 17 Feb 2019 11:03 WIB

AI dari situs ini terus membuat sebuah wajah baru tanpa berhenti, yang membuat saya merinding saat menyambangi situs tersebut.

Ilustrasi AI (Pixabay)

Perkembangan AI bisa dibilang sangat cepat. Semakin banyak perusahaan yang berhasil menciptakan AI untuk digunakan berbagai bidang, mulai teknologi komunikasi, kesehatan, hingga bidang-bidang lainnya.

Namun, ada juga pihak-pihak yang hanya ingin memamerkan apa yang bisa mereka lakukan kepada khalayak di seluruh dunia. Salah satunya adalah Phillip Wang. Dia berhasil membuat AI yang dapat membuat wajah seseorang yang katanya tidak mirip dengan siapapun di seluruh dunia.

Adalah ThisPersonDoesNotExist, sebuah situs yang dibuat oleh Phillip. Engadget (18/2/2019) melaporkan, dia menggunakan sistem generative adversarial network yang sebelumnya telah dirancang oleh NVIDIA.

AI ini dapat membuat wajah dengan melakukan kombinasi dari beberapa foto. AI ini melihat beberapa foto yang memiliki kesamaan untuk meningkatkan kualitas gambar yang akan dihasilkan, yang sebelumnya sudah dilatih terlebih dahulu.

Sayang, hasil beberapa foto yang ditampilkan belum sepenuhnya sempurna. Ada beberapa titik dimana kita bisa melihat bahwa foto ini merupakan foto yang digabungkan menjadi satu. Tapi, sebagian besar dari foto tersebut terlihat sangat nyata.