Ragam software baru dan produk AI curi perhatian di  Computex 2019

Oleh: Tek ID - Kamis, 30 Mei 2019 19:10 WIB

Tidak hanya jago mengembang hardware,Qnap, brand NAS asal Taiwan ini juga tengah mengembangkan software kecerdasan buatan mereka sendiri.

Di pembahasan tim tek.id sebelumnya, kami menyempatkan diri untuk berkunjung ke booth Qnap. Ternyata, selain memiliki banyak hardware baru, banyak juga pembaruan software yang mereka pamerkan ke pengunjung di ajang Computex 2019.

Menariknya, perhatian saya adalah pembaruan beberapa aplikasi Qnap yang memiliki banyak kemampuan baru. Pertama adalah QuMagie 1.1. Bisa dibilang, QuMagie merupakan reinkarnasi dari QPhoto. Aplikasi ini sama-sama melakukan organisir foto yang ditransfer para pengguna NAS Qnap dari penyimpanan eksternal ke dalam NAS.

Software terbaru adalah pemanfaatan AI yang lebih canggih. Selain dapat memilah foto sesuai kategori, seperti orang, tempat, makanan, hewan, dan lainnya, aplikasi ini sekarang memiliki kemampuan tambahan lain.

QuMagie kini dapat melihat metadata foto dan mengambil informasi dari gambar. Informasi yang didapat pun tak main-main, mulai dari waktu pengambilan, perangkat apa yang digunakan, lensa apa yang digunakan, dimana foto tersebut diambil, dan lainnya.

Pengguna juga dapat menandai orang yang ada di dalam foto. Jadi, mereka dapat mencari foto dari satu orang dengan hanya mengetik namanya. Mereka juga bisa mencari foto yang diambil di lokasi tertentu atau menggunakan perangkat tertentu.

Editor