Inti chip kecerdasan buatan Nvidia dijual Rp15 juta

Oleh: Erlanmart - Kamis, 13 Des 2018 18:21 WIB

System-on-chip (SoC) Jetson Xavier buatan Nvidia dan beberapa komponen chip lainnya menandakan keseriusan Nvidia dalam industri robotika.

Source: Nvidia

Rencana Nvidia untuk menghadirkan robot otonom semakin serius. Dilansir dari Engadget (13/12), Nvidia telah merilis modul Jetson AGX Xavier. Ini adalah sebuah inti chip yang memberikan robot dan mesin pintar lainnya sebuah kecerdasan buatan. Modul ini bisa menjadi penting untuk robot yang butuh banyak performa khusus sekaligus menghemat daya.

System-on-chip (SoC) Jetson Xavier di bagian utama modul itu punya enam prosesor untuk menyelesaikan pekerjaannya. Ada juga chip ARM delapan inti yang relatif konvensional, Selain itu ada GPU berbasis Volta, dan dua chip machine learning NVDLA, untuk komponen penglihatan dan video bagi mata robot. Hal ini menggunakan sedikitnya daya 10 watt.

Nvidia sudah menjalin kerjasama dengan beberapa nama, termasuk JD.com (robot pengantar barang), Yamaha (drone) dan Nanopore (pendeteksi DNA). Meski modul ini belum tentu akan membuat Nvidia menjadi perusahaan utama di industri robotik, setidaknya langkah ini terlihat lebih serius dalam teknologi seputar robot berbasis AI. Modul AI buatan Nvidia ini dijual dengan harga USD1099 (Rp15,9 juta).