Ini dia dua proyek teknologi ambisius yang pernah dilakukan

Oleh: Hieronimus Patardo - Kamis, 31 Jan 2019 14:10 WIB

Apa jadinya kalau penelitian berupaya menciptakan teknologi di dalam fiksi ilmiah dan gim selama ini?

Ilustrasi portal dimensi

Departemen Pertahanan Amerika Serikat merilis sebuah dokumen bulan ini. Dokumen tersebut berisi sejumlah proyek teknologi bernilai jutaan dolar. Setidaknya dokumen itu menjelaskan bahwa Departemen Pertahanan Amerika Serikat berusaha mengembangkan jubah tembus pandang, teknologi warp dan berbagai bidang ilmu antariksa lainnya.

Dalam dokumen berjumlah lima halaman itu, tertulis bahwa sejak tahun 2000 seorang peneliti dari Universitas St. Andrew telah bekerja untuk mengembangkan jubah tembus pandang. Penelitian tersebut berpusat pada bagaimana cahaya, ruang dan material lainnya seperti air dan kaca dapat didistorsi untuk menciptakan efek tembus pandang.

Meski tidak hadir dengan konsep seperti dalam film, setidaknya penelitian ini memberikan beberapa pengetahuan perihal ilusi optik. Konsepnya begini, ketika cahaya melewati sebuah benda, terjadi pantulan yang disebut refraksi. Penelitian itu ingin menentukan jika sesuatu yang dibungkus dengan material yang dapat membelokkan cahaya akan menunjukkan ilusi transparan.

Teknologi ini kabarnya masih jauh praktik kehidupan sehari-hari, meski begitu dokumen tersebut juga berisi proyek lain yang cukup ambisius.

Teknologi itu disebut sebagai Traversable wormholes, Stargates, dan Negative Energy. Sesuai dengan namanya, konsep yang dibangun untuk teknologi ini sama halnya dengan lubang hitam.

Tag