Honda dan Hino investasi Rp528 miliar di mobil otonom

Oleh: Lely Maulida - Jumat, 29 Mar 2019 11:23 WIB

Honda Motor dan Hino Motors bergabung dengan Softbank dan Toyota Motor untuk mengembangkan mobil otonom di Jepang.

(Foto: Monet)

Honda Motor dan Hino Motors bergabung dengan Softbank dan Toyota Motor untuk mengembangkan mobil otonom di Jepang. Berdasarkan hasil kesepakatan, Honda dan Hino akan berinvestasi masing-masing sekitar CNY250 juta (Rp528 miliar) dalam usaha patungan yang disebut Monet Technologies. 

Keduanya juga berhak atas 10% saham di perusahaan patungan tersebut. Toyota sendiri menjadi pemegang saham mayoritas di Monet.

Monet Technologies dibentuk SoftBank dan Toyota tahun lalu. Ini sekaligus menambah lini bisnis keduanya di industri ride-sharing, yang selama ini didominasi oleh startup seperti Uber, Didi Chuxing dan Lyft.

Keikutsertaan Hino dan Honda dalam usaha ini menjadi isyarat tantangan yang tengah dihadapi produsen mobil dalam mengembangkan layanan transportasi baru. Pasalnya peningkatan mobil otonom bisa mengancam penjualan kendaraan di masa depan, dimana pelanggan lebih memilih layanan ride-hailing ketimbang memiliki mobil sendiri.

Kerja sama ini juga menjadi contoh terbaru dalam tren konsolidasi yang berkembang di antara produsen mobil dengan perusahaan teknologi.