Vira, chabot milik BCA itu sudah punya 500 ribu lebih teman

Oleh: Lalu Ahmad Hamdani - Kamis, 14 Sep 2017 09:52 WIB

Direktur BCA mengajarkan kita cara berinteraksi dengan mesin.

Selalu ada perasaan ragu atau bahkan takut untuk berinteraksi dengan teknologi baru. Meskipun banyak orang mengatakan ini zaman digitalisasi, zaman internet, tapi tiap kali teknologi baru muncul, selalu saja timbul pertanyaan skeptis.

Satu pertanyaan sederhana kerap muncul ketika kita berinteraksi dengan teknologi baru, entah itu online shop, mesin ATM, mobile banking, e-money, dan lain-lain. Pertanyaan itu adalah, apakah ini aman?

Dika, pria muda asal Jakarta juga mempertanyakan hal yang sama, ketika BCA memperkenalkan layanan teknologi baru, Chatbot bernama VIRA.

Untuk menggambarkan kegagapan manusia berkomunikasi dengan mesin, Armand Hartono, Direktur BCA pun mengingat-ingat nostalgia 90-an ketika pertama kali Anjungan Tunai Mandiri (ATM) diperkenalkan BCA. "Jangankan nasabah, pegawai BCA sendiri takut dengan ATM," ujarnya.

Armand Hartono melanjutkan penjelasannya lagi, "Yang nasabah takut, ini apa-apaan mesin ngeluarin uang. Yang pegawai BCA sendiri berpendapat kita kerja sekian tahun cari nasabah biar nabung di bank, ini kok sekarang mesin ngeluarin uang. Gila ya!" ujarnya.