AI ini bisa belajar main gim tanpa diajari

Oleh: Nur Chandra Laksana - Senin, 28 Des 2020 15:50 WIB

DeepMind berhasil menciptakan AI bernama MuZero yang dapat mempelajari cara bermain gim tanpa harus dibimbing oleh manusia.

Saat ini, AI milik Google telah menguasai beberapa gim baik tradisional maupun modern. Mereka sudah memiliki AlphaGo Zero dan AlphaZero berbasis DeepMind yang dapat bertanding gim serta berhasil mengalahkan para master di bidangnya.

Namun, untuk membuat AI tersebut dapat bermain dan bahkan menang melawan para master, Google harus mengajari AI DeepMind secara intensif. Mereka masih belum dapat mengembangkan AI yang benar-benar dapat menguasai sebuah bidang secara otomatis.

Tapi, belakangan ini AI terbaru DeepMind, MuZero, dikabarkan tidak perlu diajari untuk menguasai sesuatu. MuZero dikabarkan dapat menguasai permainan seperti catur, shogi, dan rangkaian game Atari tanpa harus diajari sama sekali.

Engadget (28/12) melaporkan, para pengembang DeepMind membuat algoritma yang dapat beradaptasi dengan situasi di mana ia tidak mengetahui semua aturan yang mengatur simulasi. Namun demikian algoritma itu dirancang dapat menemukan cara untuk merencanakan kesuksesan. Mereka juga mengatakan proses ini menjadi tantangan yang sangat besar.

Namun, mereka dapat memecahkan teka teki tersebut menggunakan pendekatan yang disebut pencarian lookahead. Dengan metode ini, algoritma akan mempertimbangkan keadaan masa depan untuk merencanakan tindakan selanjutnya.