5 fakta aneh tata surya yang perlu kamu tahu

Oleh: Lysti Rahma - Jumat, 01 Okt 2021 11:20 WIB

Ada pepatah yang mengatakan rahasia alam semesta jauh lebih mudah dimengerti dibandingkan hati seseorang, eitss tunggu dulu. Coba simak 5 fakta aneh tata surya berikut ini.

Source: Unsplash

Tata Surya digambarkan dengan kumpulan benda langit yang tampak aneh dan misterius. Kendati demikian, keberadaannya luar biasa sehingga sulit untuk dijelaskan secara ilmiah. Sebelumnya para ilmuwan telah menemukan gunung berapi yang memuntahkan es di Pluto.

Seperti diketahui, tata surya merupakan kumpulan benda langit yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut Matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya. Objek-objek tersebut termasuk 8 buah planet yang sudah diketahui dengan orbit berbentuk elips, lima planet kerdil/katai, 173 satelit alami yang telah diidentifikasi, dan jutaan benda langit (meteor, asteroid, komet) lainnya.

Ada pepatah yang mengatakan rahasia alam semesta jauh lebih mudah dimengerti dibandingkan hati seseorang, eitss tunggu dulu. Coba simak 5 fakta aneh tata surya yang mungkin belum kamu ketahui, seperti dilansir dari berbagai sumber. 

1. Planet yang terbuat dari berlian

Para ilmuwan dari Arizona State University menyebut saat ini ada lebih dari satu eksoplanet atau planet di luar tata surya yang ternyata terbuat dari berlian. Salah satunya Janssen, planet ekstrasurya yang terdiri dari berlian dan grafit. Planet tersebut berukuran dua kali ukuran Bumi.