Ulang tahun ke-20, Google rayakan dengan Google Doodle

Oleh: Nur Chandra Laksana - Kamis, 27 Sep 2018 11:07 WIB

Meski terdaftar menjadi perusahaan sejak 4 September 1998, Google menetapkan ulang tahun mereka jatuh pada 27 September semenjak 2006 silam.

Ulang tahun Google ke-20 (Google)

Tepat pada hari ini, Kamis (27/9), Google merayakan ulang tahunnya yang ke-20. Hal ini mereka rayakan dengan menyematkan Google Doodle di laman utama pencarian Google, agar para penggunanya mengetahui jika mereka sedang berulang tahun.

Desain dari Google Doodle hari ini pun bisa dibilang cukup unik. Perusahaan mesin pencari raksasa tersebut membuat sebuah gambar, di mana tulisan ‘Google’ dibuat dalam bentuk balon yang terikat di sebuah kado yang dibungkus berwarna biru, dan angka ‘2’ disematkan dalam sebuah balon.

Tak ketinggalan, mereka juga menyematkan tombol ‘play’ di dalam bungkusan kado tersebut. Jika pengguna mengklik tombol tersebut, sebuah video akan muncul yang menceritakan beberapa pencarian populer di setiap tahun.

Video tersebut dimulai dari pencarian kata kunci ‘What is Google’ yang muncul di versi lawas dari mesin pencari itu. Kemudian, video tersebut memunculkan kata kunci ‘What will happen on Y2K?’. Kata pencarian ini populer pada tahun 2000-an.

Lalu, beberapa kata pencarian populer yang terjadi di seluruh dunia yang hadir dalam berbagai bahasa pun ditampilkan. Yang menarik, Google pun memasukkan kata kunci yang populer di Indonesia pada 2014, yakni ‘apa itu selfie’.