Tidying Up with Marie Kondo, bicara soal empati dan rasa menghargai

Oleh: Hieronimus Patardo - Selasa, 12 Feb 2019 14:02 WIB

Netflix hadirkan film seri berkonsep cukup unik, yakni menata rumah. Marie Kondo bakal mendobrak pemahaman orang tentang seni menata rumah.

Source: Netflix

Netflix mengawali 2019 dengan serial baru. Uniknya, tak seperti serial kebanyakan, Netflix justru menghadirkan acara beres-beres rumah. Kebetulan rumagnya memang sangat berantakan. Acara tersebut menghadirkan Marie Kondo, seorang konsultan dan penulis buku tentang “beres-beres rumah”.

Tidak salah menyebut serial ini sebagai acara beres-beres rumah. Pasalnya memang itu yang dilakukan Marie Kondo. Ia akan mendatangi rumah kliennya, kemudian memberi instruksi untuk membereskan rumah tersebut. Selanjutnya ia akan meninggalkan pasangan itu untuk melakukan pekerjaannya sendiri. Ada tim dari konsultan KonMari yang membantu mereka.

Beberapa hari kemudian, Marie Kondo akan kembali datang dan memberikan instruksi yang sama. Kemudian proses tersebut berulang, sampai pada akhirnya rumah tersebut menjadi lebih layak disebut sebagai tempat tinggal.

Perlu diketahui, Marie Kondo terkenal karena bukunya yang berjudul The Life-Changing Magic of Tidying Up di tahun 2011. Buku ini bahkan sudah diterbitkan di 30 negara di dunia. Munculnya Marie Kondo di Netflix tak lepas dari ekspansi buku ini ke Amerika Serikat. Buku Marie Kondo memang menjadi buku best seller di Amerika Serikat versi New York Times, dengan jumlah penjualan 8 juta kopi. Popularitas Kondo semakin meroket ketika menjadi bintang tamu pada beberapa acara televisi di negeri Paman Sam tersebut. Sejalan dengan itu, popularitas metode beres-beres a la Marie Kondo juga makin dikenal luas di negara tersebut.