Spider-Man tinggalkan Marvel

Oleh: Hieronimus Patardo - Rabu, 21 Agst 2019 12:27 WIB

Tiga tahun menikmati keanggotaan di Marvel Cinematic Universe, akhirnya Spider-Man meninggalkan kelompok tersebut. Sony menariknya kembali pasca kerja sama dengan Disney menemui jalan buntu.

Source: Google

Hampir semua senang ketika Spider-Man muncul dalam film Captain America: Civil War. Kemunculannya menandai dimulainya kerja sama antara Disney dan Marvel. Pasalnya, karakter satu ini merupakan salah satu karakter terpopuler dalam komik Marvel. 

Tiga tahun sudah Spider-Man menjadi karakter tambahan dalam film Marvel besutan Disney. Selama itu pula, manusia laba-laba ini sudah muncul dalam tiga film MCU dan dua film solo. Dua film solo itu diasuh bersama oleh Disney dan Sony. Sayangnya, kini hal itu tidak akan terjadi lagi. Buzzfeed (21/8) melaporkan bahwa kerja sama kedua perusahaan itu akhirnya berakhir. 

Hal itu terkait permasalahan keuangan di antara keduanya. Sebagaimana diketahui, Sony sudah memiliki hak untuk film Spider-Man sejak beberapa dekade lalu. Melalui karakter ini, Sony mendulang kesuksesan dengan enam film Spider-Man, sebelum akhirnya menjalin kerja sama dengan Disney. 

Berakhirnya kerja sama keduanya bermula ketika Disney meminta pembagian ulang pembiayaan film Spider-Man. Disney mengajukan pembagian 50-50 dengan Sony. Hal ini pun berarti bahwa keuntungan film tersebut akan dibagi sebanyak 50-50. Namun Sony enggan menyetujui hal tersebut. 

Kabarnya Disney juga mengajukan proposal ini untuk film lain dalam semesta Spider-Man. Dengan kata lain, film Venom dan sejumlah karakter yang berhubungan dengan Spider-Man akan diberlakukan sama. Sony kemudian mengajukan proposal lain sebagai alternatif bagi Disney, namun ditolak begitu saja.