Sex Education: Tidak seperti yang dibayangkan

Oleh: Hieronimus Patardo - Senin, 21 Jan 2019 17:21 WIB

Judulnya provokatif, tapi ternyata film ini menawarkan cerita yang tidak mudah diduga. Persoalan remaja dihadirkan dalam komedi yang apik.

Source: Netflix

Serial Netflix sebenarnya banyak yang menarik untuk diikuti, salah satunya Sex Education. Ya, judulnya memang cukup provokatif bagi sebagian orang, termasuk saya sendiri. Untuk diperhatikan, film ini memiliki rating 16+, yang artinya hanya bisa dinikmati oleh orang dewasa saja. Wajar. Pasalnya, ada banyak adegan seksual di dalamnya.

Sex Education bercerita mengenai seorang remaja kikuk bernama Otis (Asa Butterfield). Tidak seperti remaja kebanyakan dalam film tersebut, ia justru menolak untuk melepas keperjakaannya. Alasannya bukan karena prinsip hidup atau sebagainya, melainkan trauma yang pernah ia alami. Jika mengikuti serial musim pertamanya, trauma itu akan dijelaskan.

Selain Otis, film ini juga berisi sejumlah karakter seperti Eric (Ncuti Gatwa), seorang gay yang menjadi teman kecil Otis, Maeve (Emma Mackey) yang entah bagaimana menjalin kedekatan dengan Otis. Oh iya, jangan lupakan peran Jean (Gillian Anderson) ibu Otis yang berprofesi sebagai seorang terapis sex.

Otis bekerja sama dengan Maeve untuk membuka klinik konsultasi seksual. Ia memberi masukan pada teman-temannya mengenai kendala seksual yang kerap mereka alami.