Jadi penggemar, Taika Waititi bagikan tips nonton Squid Game

Oleh: Zhafira Chlistina - Senin, 11 Okt 2021 11:58 WIB

Sutradara Marvel, Taika Waititi menyarankan agar penonton menonton Squid Game dengan suara asli aktornya.

Source: ScreenRant

Taika Waititi belum lama ini mengungkapkan pemikirannya tentang cara terbaik untuk menonton Squid Game sebagai penggemar. Waititi adalah seorang penulis, aktor, dan pembuat film yang terkenal menyutradarai Thor: Ragnarok. Ia juga menyutradarai film MCU yang akan datang, Thor: Love and Thunder. Sutradara penerima Oscar ini rupanya adalah salah satu penggemar Squid Game, berdasarkan tweet-nya baru-baru ini.

Waititi melalui cuitan di Twitter mengungkapkan dia adalah penggemar drama Korea Netflix yang kini sedang populer, Squid Game. Dia bahkan menyarankan cara yang tepat untuk menonton drama tersebut. Waititi mengutarakan agar penonton tidak menggunakan sulih suara Inggris dan menggunakan suara aktor aslinya.

“Anda tidak perlu menonton Squid Game yang di-dubbing dalam bahasa Inggris,” kata salah satu cuitan Waititi. Tidak sampai di situ, Waititi juga merespon balasan dari akun lain yang mengklaim bahwa pengisi suara bahasa Inggrisnya terdiri dari aktor-aktor ternama, seperti Greg Chun (Star Wars: Vision), Paul Nakauchi (Overwatch), dan Tom Choi (Mortal Kombat).

This is a very fair point. You absolutely can! I just PERSONALLY love the sound of Korean films and was surprised when Netflix presented it in English as the first option. — Taika Waititi (@TaikaWaititi) October 4, 2021

Ada perdebatan di antara penggemar Squid Game mengenai pemakaian dubbing bahasa Inggris atau hanya terjemahan teks bahasa Inggrisnya. Beberapa penonton seperti Waititi memilih untuk menonton serial dalam bahasa aslinya agar lebih menghargai para aktor.