High Score, serial dokumenter yang menarik pemirsa ke dunia gim

Oleh: Nur Chandra Laksana - Jumat, 28 Agst 2020 12:42 WIB

Netflix secara pintar merangkai keseluruhan serial dokumenter ini, menjadikan High Score lebih dari dokumenter berisi sejarah industri gim saja.

High Score (Credit : Netflix)

Pertama kali mendengar kata film dokumenter, hal yang pertama kali tersirat di pikiran kita adalah sebuah film membosankan yang berisi seseorang mengoceh topik tertentu. Hingga saat ini, masih sedikit film dokumenter, apa lagi berseri, yang menarik di mata pemirsa.

Tapi, Netflix berhasil mendobrak apa yang sudah tertanam di pikiran saya. Melalui High Score, mereka menampilkan sebuah film dokumenter berisi enam episode yang merangkum perjalanan industri gim dari awal hingga dimulainya zaman gim modern.

Tiap episode memiliki inti cerita tersendiri. Mereka mengorek cerita secara dalam, tapi dikemas sangat menyenangkan. Di setiap cerita, mereka berhasil mendapatkan narasumber yang sangat hebat. Bahkan, saya pun sampai merasa tertarik ke dalam dunia gim itu sendiri.

Di episode pertama misalnya, mereka berhasil menghadirkan Tomohiro Nishikado, pencipta dari Space Invaders. Di cerita ini, mereka tak hanya mewawancara Nishikado, melainkan juga berhasil menampilkan buku catatan Nishikado yang berisi bagaimana logika dari gim tersebut, meski hanya sedikit.

Netflix juga memberikan pandangan lain dari industri gim. Mereka membicarakan sejarah dari industri gim tak hanya dari sisi produsen saja. Melainkan mereka mengundang gamer di serial ini. Bukan gamer biasa, namun mereka mengundang para “juara”.