Ekspansi serial drama komedi berkonsep vertikal asal China

Oleh: Lalu Ahmad Hamdani - Rabu, 17 Jul 2019 19:37 WIB

Video dalam format vertikal menjadi konten baru untuk menarik perhatian audiens media sosial, China tengah mengembangkan banyak video drama berdurasi pendek untuk mendapat riuhnya penggemar media sosial.

Konten video mobile yang disajikan dalam tampilan vertikal mengikuti user interface ponsel pintar pengguna, adalah sesuatu yang kini tengah dikembangkan banyak pihak. Pemain teknologi raksasa, kini telah bergerak cepat mengisi ruang konten video mobile ini.

Instagram meluncurkan IGTV 2018 lalu, dan mendorong pembuat konten untuk mengeksplorasi lebih jauh gaya konten baru ini. Netflix sendiri sudah bergerak dengan memperkenalkan video preview vertikal berdurasi 30 detik. Mereka juga sedang bereksperimen dengan fitur-fitur mobile-first. Spotify merilis video musik vertikal. Snap menghadirkan banyak konten video mobile premium lewat Snap Originals-nya.

Produsen video mobile nampaknya harus mengarahkan perhatian mereka ke format perusahaan media Cina, yang telah bereksperimen dengan drama vertikal, Supingju.

Drama vertikal adalah sebuah konten bernaskah yang dibuat khusus untuk dimainkan di ponsel dalam versi vertikal. Raksasa internet Cina, Tencent, pertama kali mencoba beramin di kategori drama vertikal ini pada 2018. Mereka merilis seri komedi romantis berdurasi pendek seperti My Boyfriend-ish Sister (Wo de nanyouli jiejie) dan My Idiot Boyfriend (Wo de er huo nanyou).

Segera setelah itu, iQiyi, sebuah rumah produksi di bawah raksasa teknologi Cina lainnya Baidu, merilis tayangan komedi situasi bergenre slice-of-life Ugh! Life! (Shenghuo dui wo xiashoule) di 2018.  Setahun kemudian mereka merilis serial komedi sketsa, Arg Director (Daoyan dui wo xiashoule), sebuah pertunjukan komedi sketsa yang mengeksplorasi genre-genre TV Tiongkok, di 2019 ini.