Belajar internet positif lewat video mesum Hanna Annisa

Oleh: Lalu Ahmad Hamdani - Jumat, 27 Okt 2017 19:37 WIB

Kita terlalu "kepo" dengan isu-isu video mesum dan melupakan banyak hal-hal positif di sekitar kita.

Hanna Annisa jadi buah bibir warganet seluruh Indonesia. Perempuan ini menjadi bahan pembicaraan warganet karena skandal video mesumnya yang tersebar di media sosial.

Betapa mudahnya warganet menelan isu Hanna Annisa, berita yang tidak terlalu penting. Padahal, ada banyak berita dan peristiwa penting yang jauh lebih positif daripada berita Hanna Annisa.

Di Google Trend, kami mencoba menelusuri tren kata kunci Hanna Annisa dengan demo mahasiswa 28 Oktober 2017, dan Siberkreasi. Isu demo mahasiswa 28 Oktober 2017 kami rasa jauh lebih penting daripada Hanna Annisa. Demo mahasiswa 28 Oktober 2017 mengedepankan isu kritis soal mempertanyakan 3 tahun pemerintahan Jokowi. Sementara, hari ini (27/10), ada kampanye literasi digital bersama Kemenkominfo bertajuk #SiBerkreasi Netizen Fair 2017.

Hari ini (27/10), pencarian kata kunci link video Hanna Annisa meningkat tajam 650%. Ini berarti,  banyak sekali warganet yang ingin mencari maupun menonton video mesum tersebut. Sampai-sampai ketika kami mengetik kata kunci di pencarian Google, ada judul provokatif, Video Mesum Hanna Annisa Full, Yuk Nonton Bareng! beredar di YouTube.

Dan, kalau kita buka media sosial, sudah banyak sekali yang memberi kode ihwal keberadaan video itu.