Astronot tak sengaja panggil 911 dari luar angkasa

Oleh: Lely Maulida - Minggu, 06 Jan 2019 17:56 WIB

Astronot asal Belanda, Andre Kuipers, salah sambung saat ingin melakukan panggilan telepon di stasiun luar angkasa internasional ISS.

source : the verge

Astronot Belanda secara tidak sengaja menelepon nomor darurat (911) dari Stasiun Luar Angkasa International Space Station (ISS). Dia sebenarnya tak berniat untuk menelepon nomor tersebut. Astronot itu mulanya akan menelepon saluran luar kemudian ke saluran internasional, namun nomornya tertinggal satu digit. 

Untuk melakukan panggilan itu, astronot harus menekan nomor "9" agar terhubung ke jalur luar. Kemudian diikuti nomor "011" untuk terhubung ke jalur internasional. Sayangnya, angka nol terlewatkan oleh astronot tersebut. 

Insiden lucu itu dilakukan oleh astronot Belanda bernama Andre Kuipers. Menurut laporan situs Belanda, Kuipers menutup telepon setelah angka nol terlupakan. Namun rupanya panggilan itu sudah tercatat oleh Mission Control di NASA.

Di hari berikutnya, para pejabat NASA mengirimkan email ke ISS. Isinya menanyakan apakah seseorang telah menelepon 911.

Panggilan itu juga telah memicu peringatan di NASA. Staf NASA memeriksa ruangan dimana panggilan diterima, namun tak mendapati hal apa pun. Kuipers lantas mengkonfirmasi bahwa layanan darurat tak sengaja dihubungi olehnya.