123456 masih jadi kata sandi terburuk di 2018

Oleh: Nur Chandra Laksana - Senin, 17 Des 2018 13:36 WIB

Beberapa kata sandi baru yang mudah dibobol baru pun bermunculan, seperti 'donald', '666666', dan masih banyak lagi.

Ilustrasi Kata Sandi (Pixabay)

Melindungi data digital merupakan salah satu hal yang sangat krusial. Salah satu contohnya adalah dengan membuat kata sandi yang kuat untuk melindungi akun media sosial, email, dan lainnya agar terlindung dari pembobolan keamanan siber.

Hanya saja dalam sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh SplashData, dilansir dari Phone Arena (17/12), terungkap bahwa tahun ini, masih banyak orang yang tak peduli dengan keamanan akun mereka. 

Menurut hasil penelitian yang mereka lakukan, karakter ‘123456’ masih menjadi kata sandi terburuk yang paling banyak digunakan oleh para pengguna internet. Padahal kata sandi ini telah bercokol di posisi pertama daftar kata sandi terburuk selama beberapa tahun terakhir.

Kemudian, di posisi kedua terdapat kata sandi ‘password’. Lagi-lagi, kata kunci yang sangat simpel ini bertahan di posisi kedua sepanjang tahun.

Menariknya, ada beberapa kata sandi baru yang bermunculan. Salah satunya adalah ‘donald’. Ya, para pengguna internet menggunakan nama presiden Amerika saat ini sebagai kata kunci mereka.