Tony Xu

Lebih dekat dengan SoundMagic

Pabrikan SoundMagic memiliki filosofi untuk mengedepankan kualitas suara audio dengan harga yang terjangkau. Saya berkesempatan untuk mengobrol santai dengan sang Managing Director.

Lebih dekat dengan SoundMagic

Sabtu (15/9), saya mengunjungi sebuah pameran elektronik bertajuk Indonesia International Electronic and Smart Appliance Exhibition (IEAE) 2018. Mengabil tempat di Jakarta International Expo, Kemayoran, ajang tersebut penuh oleh pameran bermacam produk elektronik dari China dan Indonesia. Salah satu pabrikan asal China yang hadir dalam pameran ini adalah SoundMagic.

SoundMagic sendiri adalah produsen yang memproduksi perlengkapan audio seperti earphone dan headphone. SoundMagic merupakan global brand yang relatif baru namun dalam waktu singkat telah mendunia. Ada beberapa penghargaan dari majalah audio/video yang ia gaet dalam beberapa tahun belakangan ini. Pada acara IEAE 2018, saya berkesempatan bertemu dengan Managing Director SoundMagic, Tony Xu.

Berawal dari 2005, SoundMagic mendesain headphone dan earphone untuk pabrikan brand lain. Setahun setelahnya, Tony Xu memutuskan untuk menghadirkan produk sendiri.

“Pada 2006, saya melihat pasar headphone meningkat secara signifikan. Banyak tawaran headphone di pasar dengan harga yang sangat tinggi tetapi kualitasnya biasa-biasa saja,” kata Tony.

Tony mengenang masa-masa awal SoundMagic berdiri. Sembari melanjutkan, "Jadi saya berpikiran untuk membuat produk headphone berkualitas tinggi tetapi dengan harga terjangkau.” ujarnya.

Berawal dari situ Tony mulai menghadirkan produk earphone dan headphone SoundMagic. Mereka mengerjakan seluruh manufaktur mulai dari perancangan driver, komponen logam, kualitas kabel, dan bagian-bagian lainnya. Pabrikan SoundMagic memiliki filosofi untuk mengedepankan kualitas dengan harga yang terjangkau.

Kisah perjalanan SoundMagic berlanjut. Sembari membenahi kacamatanya, ia melanjutkan, “Setelah berjalan selama beberapa tahun, kami menjadi sangat terkenal di pasar Eropa atau Asia. Di Amerika Serikat, kami memiliki lebih dari 20 distributor,” ujarnya.

Dengan demikian, SoundMagic lama-lama menjadi semakin populer lengkap dengan aneka macam pilihan earphone dan headphone. Salah satu produk terbarunya adalah earphone seri E11.

“Saya ingin mempersembahkan produk tersebut ke masyarakat Indonesia,” ucap Tony.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: