sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Jumat, 11 Feb 2022 15:06 WIB

Zoom ketahuan aktifkan mikrofon pengguna tanpa izin

Masalah tersebut terjadi pada aplikasi Zoom yang diinstal di MacBook dan Mac yang menjalankan macOS Monterey.

Zoom ketahuan aktifkan mikrofon pengguna tanpa izin

Seorang pengguna Apple melaporkan Zoom mengaktifkan mikrofon mereka saat sedang tidak digunakan. Seperti dilansir The Register (11/2), masalah tersebut terjadi pada aplikasi Zoom yang diinstal di MacBook dan Mac yang menjalankan macOS Monterey.

Pengguna sadar mikrofon Zoom mereka aktif setelah melihat ikon oranye yang menyala di menu bar. Seperti diketahui, Apple baru-baru ini menerapkan isyarat visual untuk memperingatkan pengguna, ketika aplikasi atau perangkat mengakses mikrofon atau kamera mereka, melalui simbol di bagian menu bar atau di area kamera.

Setelah macOS Monterey dirilis akhir tahun lalu, pengguna Zoom mulai menyadari masalah ini dan meramaikan halaman dukungan komunitas Zoom, menyatakan keprihatinan mereka. Ini mendorong Zoom untuk merilis pembaruan pada akhir Desember yang dirancang untuk mengatasi bug.

Rilis pembaruan Zoom versi 5.9.1 (3506) menyatakan, “Menyelesaikan masalah terkait indikator mikrofon yang dipicu saat tidak sedang rapat di macOS Monterey.”

Namun, pembaruan tampaknya belum memperbaiki masalah secara menyeluruh. Salah satu pengguna masih melihat titik oranye di menu baru dan mengatakan, “Yah, pembaruan terbaru itu tampaknya tidak membuat perbedaan yang jelas. Saya baru saja melihat titik oranye lagi, dan ketika Saya keluar dari Zoom, Timing.app memberitahu bahwa Saya tampaknya telah melakukan panggilan Zoom selama 2 jam.”

Berdasarkan laporan The Register melalui TechRadar, Zoom belum memberikan komentar lebih lanjut mengenai masalah ini dan mengatakan sedang menyelidiki masalah tersebut.

Tag
Share
×
tekid
back to top