Zephyrus GX701GXR semakin bertenaga berkat prosesor Intel terbaru

Zephyrus S GX701GXR merupakan versi penyempurnaan dari ROG Zephyrus S GX701GX yang kini memiliki performa lebih baik berkat penggunaan prosesor Intel Core generasi ke-9.

Laptop gaming telah mengalami berbagai evolusi. Generasi pertama laptop gaming hadir dengan konfigurasi hardware, performa, dan fitur yang tidak berbeda jauh dengan laptop kelas premium pada zamannya.

Tiga faktor tersebut yang kemudian menjadi fokus utama para produsen laptop gaming untuk mengembangkan produknya. Di tahun selanjutnya, evolusi laptop gaming fokus pada performa dan fitur melalui konfigurasi hardware yang unik dan tidak bisa ditemukan di laptop consumer kelas premium sekalipun.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Ini spesifikasi Asus ZenBook UM431

Asus ZenBook Flip UM462 resmi rilis pakai prosesor AMD

Review ROG Cetra, berbekal fitur eksklusif untuk profesional gamer


Meningkatnya tren mobilitas sebagai gaya hidup modern membuat laptop gaming kini mengalami evolusi selanjutnya. Sebelumnya, para produsen laptop gaming tidak terlalu peduli dengan bentuk laptop gaming yang rata-rata berukuran besar dan berat. Hal tersebut biasanya dilakukan demi memberikan kompensasi terhadap sistem pendingin karena hardware yang ditanamkan semakin kencang dan menghasilkan panas yang lebih kuat.

Evolusi laptop gaming yang terjadi saat ini terdapat pada dimensi bodi yang diusung. Para produsen laptop gaming kini lebih fokus mengembangkan laptop gaming dengan dimensi yang lebih ringkas dan tipis. Tentu saja perkembangan teknologi dan inovasi terbaru membuat laptop gaming dapat tampil sangat tipis saat ini.

Di antara laptop gaming dengan bodi ringkas dan tipis, ASUS berhasil menjadi pemimpin dengan hadirnya ROG Zephyrus S GX701GXR yang merupakan laptop gaming paling tipis di dunia. Kini laptop gaming tersebut bahkan telah ditenagai oleh prosesor terbaru Intel Core generasi ke-9. Tidak hanya itu, ROG Zephyrus S GX701GXR juga dilengkapi berbagai fitur eksklusif dan konfigurasi hardware terbaik di kelasnya.

Laptop Gaming 17-inci Paling Ringkas di Dunia

Laptop Gaming 17-inci Paling Ringkas di Dunia adalah gelar resmi yang dimiliki oleh Zephyrus S GX701GXR. Hingga saat ini, tidak ada laptop gaming yang memiliki bodi lebih ringkas dan tipis dari laptop gaming besutan ASUS ini.

Selain tipis dan ringkas, ROG Zephyrus S GX701GXR juga dilengkapi dengan beragam fitur khusus yang dirancang untuk memberikan pengalaman bermain game lebih baik. Berikut adalah fitur dan teknologi yang diusung oleh ROG Zephyrus S GX701GXR.

Super Narrow Display

Teknologi pertama adalah Super Narrow Display yang membuat bezel pada layar ROG Zephyrus GX701GXR tampil sangat tipis. Tidak main-main, ukuran bezel-nya hanya 6,9mm sehingga laptop gaming ini berhasil tampil dengan screen-to-body ratio hingga 81 persen.

Bezel yang sangat tipis juga membuat bodi ROG Zephyrus S dapat tampil lebih ringkas dari laptop gaming sekelasnya. Meski mengusung layar 17-inci, ROG Zephyrus S GX701GXR memiliki dimensi bodi sebesar 399x272 milimeter atau sekitar 23 persen lebih kecil dari sebagian besar laptop gaming 17 inci lainnya yang ada di pasar saat ini.

Super Narrow Display tidak hanya membuat bodi ROG Zephyrus GX701GXR semakin ringkas tetapi juga lebih nyaman dan memikat ketika digunakan. Karena bezel-nya sangat tipis, laptop gaming ini tampak hadir dengan layar yang lebih luas sehingga memaksimalkan pengalaman visual secara menyeluruh.

ROG Active Aerodynamic System

ROG Zephyrus S GX701GXR merupakan laptop gaming kelas atas yang dilengkapi dengan berbagai komponen yang performanya super kencang. Agar performanya tetap stabil, dibutuhkan sebuah sistem pendingin khusus yang mampu menjaga suhu seluruh komponen di dalam laptop ini.

Menghadirkan sistem pendingin untuk komponen berperforma tinggi yang ditempatkan di bodi laptop berukuran super ringkas dan tipis merupakan tantangan yang tidak mudah. Namun tim riset dan pengembang di ASUS berhasil mengatasi tantangan tersebut dengan menghadirkan teknologi pendingin bernama Active Aerodynamic System (AAS).

AAS di ROG Zephyrus S GX701GXR memiliki mekanisme yang sangat unik. Bagian bawah bodi laptop gaming ini akan terbuka secara otomatis ketika digunakan atau layarnya diangkat. Dengan mekanisme tersebut, ROG Zephyrus S GX701GXR menjadi memiliki rongga udara ekstra yang membuat sistem pendingin bisa berjalan lebih optimal.

Sistem pendingin AAS telah didukung dengan fitur seperti Anti-Dust Cooling, serta komponen khusus yaitu kipas 12V yang masing-masing memiliki 83 blade, heatsink dengan 250 fin, serta 5 heatpipe khusus. Tidak hanya itu, sistem pendingin AAS juga berkontribusi dalam membuat ROG Zephyrus S GX701GXR sebagai laptop gaming 17 inci paling tipis di dunia.

Layar Untuk Gamer dan Profesional

Layar merupakan salah satu nilai plus ROG Zephyrus S GX701GXR. Jika laptop gaming selalu mengutamakan refresh rate dan response time serta mengabaikan kualitas warna, ROG Zephyrus S GX701GXR justru bisa menghadirkan semuanya dengan sempurna.

Laptop gaming ini menggunakan panel dengan refresh rate hingga 144Hz dan response time 3ms (grey-to-grey) yang merupakan standar di industri eSports profesional. Tidak hanya itu, panel yang diusung juga memiliki tingkat akurasi warna yang tinggi dan telah didukung oleh ProArt TruColor Technology. ditambah lagi layar laptop ini telah dikalibrasi sejak awal dan mengantongi sertifikasi Pantone Validated Display.

Penggunaan layar tersebut membuat ROG Zephyrus S GX701GXR tidak hanya ideal untuk gamer yang menginginkan laptop berperforma tinggi dengan layar terbaik. Kalangan profesional grafis dan kreator konten pun bahkan bisa memanfaatkan laptop ini sebagai perangkat untuk menunjang pekerjaannya.

GPU Switch

ROG Zephyrus S GX701GXR merupakan laptop gaming yang dibekali dengan G-Sync, yaitu teknologi dari NVIDIA agar efek stuttering dan tearing tidak muncul saat bermain game. Sayangnya, teknologi tersebut membutuhkan chip grafis NVIDIA GeForce yang tertanam di laptop ini untuk tetap aktif sehingga memakan daya baterai ekstra bahkan saat tidak digunakan bermain game.

Mengatasi masalah tersebut, ASUS menghadirkan sebuah fitur bernama GPU Switch yang memungkinkan fitur G-Sync untuk dimatikan dan pengguna bisa memanfaatkan chip grafis terintegrasi Intel HD Graphics yang lebih hemat daya ketika menggunakan laptop ini tanpa terhubung ke sumber listrik. Hebatnya, fitur ini memungkinkan G-Sync untuk dimatikan dan dinyalakan tanpa harus melakukan reboot.

Keyboard Gaming dengan RGB Backlit

Keyboard merupakan perangkat kontrol utama di laptop gaming. Untuk itulah ROG Zephyrus S GX701GXR dilengkapi dengan keyboard khusus dengan fitur yang dapat meningkatkan pengalaman bermain. Selain tampil dengan layout khusus untuk bermain game, keyboard laptop gaming ini juga menggunakan tombol yang dilengkapi fitur anti-ghosting lewat teknologi N-Key Rollover.

Tidak ketinggalan pula fitur Per-Key RGB Lighting sehingga pengguna laptop ini bisa memilih warna backlit di setiap tombol keyboard-nya. Karena didukung oleh AURA RGB, fitur RGB Backlit di laptop ini mampu menampilkan kombinasi warna yang sangat banyak dan telah dilengkapi dengan preset tampilan seperti Static, Strobing, Breathing, Rainbow, dan Comet.

 

Audio Powerful

Bukan laptop gaming namanya kalau tidak dilengkapi dengan sistem audio khusus. Agar penggunanya mendapatkan pengalaman gaming terbaik, ROG Zephyrus S GX701GXR telah dilengkapi dengan sistem audio khusus yang ditenagai oleh teknologi Smart Amplifier sehingga suara yang dihasilkan dapat lebih keras dan detail.

Smart Amplifier memungkinkan suara yang dihasilkan menjadi 2,5 kali lebih keras, mampu menghasilkan suara bass 1,6 kali lebih kencang, dan memiliki dynamic range 1,5 kali lebih baik. Sistem audio di ROG Zephyrus S GX701GXR juga telah mendukung 7.1 Surround Audio serta telah memiliki sertifikasi Hi-Res Audio.

Khusus ROG Zephyrus S GX701GXR, terdapat sebuah fitur berupa Volume Wheel yang dapat digunakan untuk mengontrol volume secara langsung ketika sedang bermain game. Jadi pengguna tidak perlu lagi menggunakan kombinasi tombol di keyboard untuk mengontrol volume di tengah-tengah permainan.

USB Type-C Charging

ROG Zephyrus S GX701GXR hadir dengan port USB Type-C yang tidak hanya bisa digunakan sebagai fasilitas transfer data berkecepatan tinggi, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk mengisi daya baterai laptop ini. Hal tersebut dikarenakan ROG Zephyrus S GX701GXR sudah dilengkapi fitur USB Type-C Power Delivery yang juga mendukung teknologi fast charging.

Menggunakan adapter USB Type-C berdaya 60W, daya baterai di ROG Zephyrus S GX701GXR dapat diisi hingga kapasitas 100 persen hanya dalam waktu 150 menit. Dukungan USB Type-C Power Delivery juga membuat daya baterai laptop ini bisa diisi menggunakan power bank seperti ZenPower Pro.

Konektivitas Lengkap, Kamera Lebih Powerful

Sebuah laptop gaming juga harus memiliki konektivitas lengkap agar penggunanya bisa menghubungkan berbagai perangkat dan aksesori gaming. ROG Zephyrus S GX701GXR sendiri telah dilengkapi dengan port USB 3.1 Type-A dan Type-C, HDMI, serta port audio. Sementara untuk konektivitas nirkabel, ROG Zephyrus S GX701GXR dilengkapi dengan WiFi 802.11ac (2x2) dan Bluetooth 5.0.

Berbicara soal kamera, ROG Zephyrus S GX701GXR tidak dilengkapi dengan webcam internal. Webcam laptop gaming ini disediakan secara terpisah, namun memiliki kualitas yang jauh lebih baik dari webcam standar yang biasanya terdapat di laptop gaming lainnya. Webcam ROG Zephyrus S GX701GXR telah mendukung perekaman 60fps di resolusi Full HD dan telah dilengkapi dengan mounting khusus sehingga bisa dipasangkan di tripod.

Lebih Personal dengan Armoury Crate

ROG Zephyrus S GX701GXR juga telah hadir dengan Armoury Crate, yaitu sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai pusat kontrol untuk berbagai fitur yang ada di laptop gaming ini. Melalui Armoury Crate, pengguna bisa melakukan pengaturan tampilan RGB Backlit sehingga dapat tampil berbeda dengan laptop lainnya. Selain itu, terdapat juga kontrol untuk sistem audio dan tampilan visual pada layar.

Hal yang paling menarik adalah Armoury Crate di ROG Zephyrus S GX701GXR bisa digunakan untuk mengontrol performa pada laptop gaming ini. Pengguna bahkan bisa mengatur output performa secara manual atau melalui preset yang telah disediakan.

Performa Ultra Kencang

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ROG Zephyrus S GX701GXR merupakan sebuah laptop gaming premium yang dilengkapi dengan hardware terbaik di kelasnya. Laptop ini menggunakan prosesor Intel Core i7-9750H yang memiliki konfigurasi 6 core dan 12 thread dengan kecepatan pemrosesan hingga 4,5GHz.

Prosesor ini sangat ideal digunakan sebagai penunjang kegiatan para content creator yang sering menggunakan aplikasi video atau photo editing yang rata-rata membutuhkan banyak core dan thread agar bisa berjalan optimal. Hasil benchmark menggunakan Cinebench R15 juga menunjukkan prosesor ini mampu menghasilkan skor hingga 1200 poin, lebih tinggi dari prosesor Intel Core generasi sebelumnya.

Tidak hanya dari sisi prosesor, ROG Zephyrus S GX701GXR juga sangat powerful dalam hal pemrosesan grafis. Meski tipis, ramping, dan ringan, laptop gaming ini ditenagai oleh chip grafis premium NVIDIA GeForce RTX 2080 Max-Q. Chip grafis tersebut telah mendukung teknologi grafis terkini, salah satunya adalah real-time ray-tracing yang memungkinkan tampilan visual lebih nyata di dalam game.

Bisa dikatakan seluruh game PC yang ada saat ini dipastikan bisa berjalan sangat lancar menggunakan laptop ini. Bahkan pengujian menggunakan aplikasi benchmark grafis 3DMark menunjukkan ROG Zephyrus S GX701GXR memiliki performa grafis yang sangat baik.

Tentu saja pengujian nyata menggunakan game juga menunjukkan framerate yang sangat tinggi dengan rata-rata di atas 60fps pada pengaturan grafis tertinggi.

Soal baterai, ROG Zephyrus S GX701GXR memang belum bisa mengungguli laptop yang mengandalkan ketahanan baterai seperti VivoBook Ultra K403. Namun untuk sebuah laptop gaming, ROG Zephyrus S GX701GXR mampu bertahan cukup lama di pengujian ketahanan baterai menggunakan PCMark 8.

Berdasarkan hasil tersebut, ROG Zephyrus S GX701GXR mampu bertahan selama hampir empat jam dalam skenario penggunaan ringan dan menengah. Fitur GPU Switch tampaknya sangat berguna dalam menghemat baterai ketika laptop ini tidak terhubung ke sumber listrik.

Kesimpulan

ASUS ROG Zephyrus S GX701GXR merupakan versi penyempurnaan dari ROG Zephyrus S GX701GX yang kini memiliki performa lebih baik berkat penggunaan prosesor Intel Core generasi ke-9. ROG Zephyrus S GX701GXR tetap merupakan laptop yang sangat powerful untuk bermain game dan bekerja. Bahkan merupakan laptop yang bisa diandalkan untuk para profesional.

Spesifikasi umum : ASUS ROG Zephyrus S GX701GXR

CPU: Intel Core i7-9750H Processor Hexa Core (12M Cache, up to 4.5GHz)

Operating System: Windows 10

Memory: 32GB DDR4 2666MHz SDRAM

Storage: M.2 NVMe PCIe SSD 1TB

Display: 17,3” (16:9) IPS-level FHD (1920x1080), 144Hz 3ms G-Sync, 100% sRGB Pantone Validated Display

Graphics: NVIDIA GeForce RTX 2080 (Max-Q) 8GB GDDR6 VRAM

Input/Output: 1 x USB 3.1 Type-A (Gen2), 2 x USB 3.1 Type-A (Gen1), 1 x USB 3.1 Type-C (Gen2), 1 x USB 3.1 Type-C (Gen1), Combo Audio Jack, 1 x HDMI 2.0b, 1 x Type-C DisplayPort 1.4

Camera: FHD 1080P@60FPS External Camera

Connectivity: 802.11ac (2*2) Wi-Fi, Bluetooth 5.0

Audio: 2x 2W speakers with Smart AMP technology, ESS Hi-Fi DAC, Array Microphone

Battery: 76WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimension: 39.9(W) x 27.2(D) x 1.87 ~ 1.87(H) cm

Weight: 2,6Kg with Battery

Colors: Metal Black

Harga: Rp57.999.000

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: