sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
Selasa, 29 Mei 2018 10:37 WIB

Zeiss umumkan aneka lensa video berukuran kecil

Beragam lensa tersebut bakal mendukung kamera film full frame seperti Sony Venice, ARRI Akexa LF, dan RED Monstro

Zeiss umumkan aneka lensa video berukuran kecil

Zeiss baru saja mengumumkan lini baru dari 13 lensa ‘Supreme Prime’ untuk sinematografer yang menginginkan unit lensa yang berukuran lebih kecil dan berbobot lebih ringan namun masih mampu mereproduksi hasil rekaman berkualitas tinggi.

Jajaran lensa Supreme Prime tersebut terdiri dari focal length 15mm hingga 200mm, dan perusahaan tersebut menyatakan bahwa beberapa dari lensanya memiliki aperture terbesar T1.5. Bahkan, sepuluh dari focal length tersebut menawarkan aperture hingga T1.5. Sedangkan lensa 15mm dan 150mm tersedia dengan aperture T1.8, dan focal length 200mm dilengkapi dengan aperture T2.1.

Meski memiliki ukuran yang terbilang kecil dibandingkan dengan lensa sejenis di kelasnya, Zeiss menekankan bahwa lensa Supreme Prime dirancang untuk pekerjaan periklanan dan produksi film berkualitas tinggi. Dengan demikian, aneka lensa tersebut bakal mendukung kamera film full-frame seperti Sony Venice, ARRI Akexa LF, dan RED Monstro. Pabrikan asal Jerman tersebut mengklaim lensa barunya ini bersifat serba guna dan mampu mengkreasi tampilan berbeda berkat ketajamannya yang mulus, akurasi fokus, dan bokeh elegan. Zeiss juga menyampaikan lensa Supreme Prime cocok untuk aneka jenis produksi.

Komunikasi antara lensa dan kamera dilakukan melalui protokol metadata Zeiss eXtended Data. Lensa tersebut mendeteksi karakteristik optik dan pengaturan lensa ke setiap frame yang direkam demi membantu proses pasca-produksi, terutama ketika perlu menambahkan efek visual ke dalam hasil rekaman.

Lensa 25mm, 29mm, 35mm, 50mm, dan 85mm bakal meluncur pada bulan Agustus 2018, sedangkan 100mm akan dirilis pada bulan Desember 2018. Keenam lensa ini dapat dibeli bersamaan melalui paket seharga USD108.000 (Rp1,5 miliar). Tetapi Anda harus menunggu hingga tahun depan untuk lensa 15mm, 18mm, 21mm, 65mm, 135mm, dan 150mm. Di sisi lain, 200mm T2.1 bakal tersedia pada tahun 2020. Demikian dilansir dari DPReview.

Tag
Share
×
tekid
back to top