sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Rabu, 21 Sep 2022 18:44 WIB

YouTube umumkan cara monetisasi baru untuk dukung entrepreneur kreatif

Kreator Musik ini menjadi konsep hubungan baru antara industri musik dan kreator, sehingga membuka peluang monetisasi dari iklan untuk video dan penggunaan musik.

YouTube umumkan cara monetisasi baru untuk dukung entrepreneur kreatif

Selain mengumumkan model pembagian keuntungan kreator Shorts, YouTube juga memperkenalkan Kreator Musik pada acara Made on YouTube di Los Angeles, California, AS. Kreator Musik ini menjadi konsep hubungan baru antara industri musik dan kreator, sehingga membuka peluang monetisasi dari iklan untuk video dan penggunaan musik.

Pada dasarnya, Kreator Musik adalah katalog musik yang dapat dengan mudah diakses kreator untuk digunakan pada video mereka. Sebelumnya, urusan lisensi musik sering terkendala proses monetisasi karena video panjang yang berisi musik tidak akan menghasilkan penghasilan kepada kreator. 

Dengan dihadirkankannya Kreator Musik, kini kreator maupun pemilik lisensi musik dapat sama-sama menerima penghasilan. Bagi kreator yang tidak membeli lisensi, masih dapat menggunakan lagu tetapi harus berbagi penghasilan dengan artis dan pemilik hak dari musik tersebut. 

Sementara itu, kreator juga dapat membeli lisensi di awal sehingga tidak perlu membagi penghasilan iklan dengan pemilik lisensi. Pembagian keuntungannya akan sama dengan jumlah yang biasa mereka terima dari video tanpa musik.

“Kreator Musik adalah masa depan. Kami membangun jembatan antara artis dan kreator di YouTube untuk makin mengapresiasi audio yang telah menunjang ekonomi kreator; solusi ini menguntungkan semua pihak dari artis, penulis lagu, kreator, hingga penggemar. Dengan Kreator Musik, artis memiliki cara baru untuk menyebarkan musik mereka ke dunia; penggemar dapat menemukan musik yang mereka sukai di channel kreator favorit; sementara kreator dan artis akan memiliki peluang pendapatan baru,” kata Lyor Cohen, Global Head of Music YouTube, dikutip dari rilis yang Tek.id terima (21/9).

Share
×
tekid
back to top