YouTube Original bakal jadi gratis

YouTube kabarnya akan merubah strategi bisnisnya. Mereka akan mengeluarkan program Original dari Paywall atau dengan kata lain, menggratiskan program tersebut.

YouTube Original bakal jadi gratis Source: Unsplash

YouTube memiliki sejumlah program tayangan asli yang disebut YouTube Originals. Pengguna bisa menikmatinya dengan cara membayar akun premium Youtube seharga USD11,99 per-bulan. Namun dalam waktu dekat ini, tampaknya strategi bisnis ini akan berubah. Dilansir dari Tech Crunch (4/5), Chief Business Officer YouTube, Robert Kyncl, kembali menegaskan rencana untuk mengeluarkan Youtube Original dari platform Paywall. Dengan begitu, YouTube Original menjadikannya gratis dan didukung iklan.

Kyncl bicara terkait hal ini dalam acara tahunan Brandcast YouTube, di mana perusahaan milik Google itu menjabarkan rencananya untuk para pengiklan. Ini memperkuat rencana sebelumnya, bahwa YouTube bergerak ke arah model bisnis yang didukung iklan. Sayangnya Kyncl tidak menyebutkan lebih lanjut terkait bagaimana YouTube Original meninggalkan layanan berbayar.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

YouTube hapus 30.000 video ujaran kebencian

Youtube mempersingkat jumlah subscriber di platform mereka

Youtube segera rilis website khusus anak-anak


"Sementara setiap perusahaan media lain berlomba untuk menempatkan konten mereka di balik Paywall, kami menuju ke arah yang berlawanan dengan membuat konten asli kami tersedia secara gratis," kata Kyncl.

Salah satu program YouTube Original, Cobra Kai ,menjadi serial yang berpusat dari film Karate Kid.  Serial ini kabarnya akan tersedia secara gratis mulai 29 Agustus - 11 September mendatang. Sayangnya belum ada konfirmasi kapan konten Original lainnya akan tersedia secara gratis. Sementara itu, YouTube juga telah mengonfirmasi sedang mengerjakan program Original dengan Justin Bieber, yang belum diketahui kapan dirilis.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: