sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
Senin, 27 Feb 2023 14:24 WIB

YouTube jajal fitur video 1080p Premium, apa bedanya?

YouTube memperkenalkan fitur resolusi video 1080p premium, ada perbedaan signifikan dengan versi standar.

YouTube jajal fitur video 1080p Premium, apa bedanya?

YouTube baru-baru ini dilaporkan sedang melakukan pengujian bagi para pengguna premium di platform mereka. Kali ini, mereka melakukan uji coba fitur kualitas streaming yang lebih baik jika dibandingkan dengan pengguna gratisan.

Pihak YouTube mengungkapkan fitur ini akan menawarkan kualitas video 1080p premium. Untuk sementara ini, fitur tersebut sedang diuji coba untuk beberapa pengguna YouTube Premium di beberapa negara.

Beberapa pengguna premium platform streaming milik Google tersebut membicarakan fitur ini di beberapa platform, salah satunya di Reddit. Menanggapi hal tersebut, juru bicara YouTube, Paul Pennington mengatakan bahwa saat ini kualitas video 1080p Premium tersedia untuk “sekelompok kecil pelanggan YouTube Premium”.

“1080p Premium memiliki bitrate 1080p yang disempurnakan, di mana memberikan lebih banyak informasi per piksel yang menghasilkan pengalam menonton berkualitas lebih tinggi,” kata Paul, seperti dikutip dari The Verge (27/2).

Paul menambahkan bahwa tidak ada perubahan untuk resolusi 1080p (HD) di YouTube. Kendati demikian, bukan berarti pengguna harus berlangganan YouTube Premium jika ingin menikmati video dengan kualitas 1080p.

Perbedaan kualitas video 1080p standar dengan 1080p Premium

Salah satu contohnya adalah fitur Blu-ray 1080p yang dapat memberi kecepatan maksimum 40 Mbps dan memberikan gambar yang cukup tajam. Sementara itu, bitrate 1080p standar berkisar 8 hingga 10 Mbps. 

Hal ini juga tergantung pada penggunaan codec apa yang digunakan saat video dikompresi. Pasalnya, beberapa codec lebih efisien daripada yang lain dan dapat menghasilkan hasil yang lebih baik dengan lebih sedikit data.

Namun, perlu dicatat bahwa YouTube biasanya menggunakan pengkodean bitrate variabel. Ini artinya jumlah data yang digunakan akan sedikit naik-turun tergantung pada apa yang ditampilkan di layar.

Salah pengguna Reddit yang menjajal fitur tersebut memposting tangkapan layar alat "Stats for Nerds" YouTube, yang menunjukkan bahwa opsi 1080p Premium berjalan sekitar 13 Mbps versus 8 Mbps dalam mode standar untuk video yang sama. 

Alasan YouTube tidak menampilkan file video asli

Rupanya, ada alasan tersendiri mengapa YouTube tidak menampilkan file video asli pada bitrate maksimumnya. Ini karena mereka beranggapan bahwa hal tersebut akan mengeluarkan biaya yang mahal, baik untuk mereka maupun untuk pengguna–tergantung kecepatan dan batas data.

Semakin rendah bitrate video, semakin rendah kualitas videonya, maka semakin sedikit bandwidth yang dibutuhkan dalam perjalanan dari server YouTube ke layar pengguna. 

Uji coba 1080p Premium menunjukkan bahwa YouTube mungkin bersedia membiarkan orang mengakses lebih banyak kualitas selama mereka membayar untuk layanan tersebut.

Share
×
tekid
back to top