YouTube hapus fitur pesan bulan depan

Fitur pesan langsung di Youtube ini merupakan cara yang bagus untuk berbagi dan mendiskusikan video langsung dalam aplikasi. 

YouTube hapus fitur pesan bulan depan Source: Google

YouTube memperkenalkan fitur Messages atau Pesan untuk aplikasi mobile-nya pada Agustus 2017. Fitur itu kemudian diperluas ke aplikasi versi web. Namun tak berlangsung lama, Google mengumumkan akan menghapus fitur itu bulan depan, tepatnya September 2019.

Fitur pesan langsung di YouTube ini merupakan cara efisien untuk berbagi dan mendiskusikan video langsung dalam aplikasi. Pesan di YouTube mendukung percakapan individu maupun grup. Google terakhir kali merilis pembaruan pada Mei 2018, atau ketika fitur pesan diluncurkan di YouTube web.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Soal verifikasi, CEO YouTube angkat bicara

YouTube hadirkan persyaratan baru untuk verifikasi channel

YouTube gelar FanFest Showcase di empat kota


Tak ada aspek tertentu yang menonjol dari fitur ini. Satu hal yang bisa menjadi kelebihannya adalah integrasi dengan pencarian YouTube dan riwayat tontonan pengguna, sehingga bisa mengambil video dengan cepat.

Dilansir 9to5google (22/8), YouTube kini menghapus fitur pesan demi mendorong pengguna untuk berbagi ke publik, baik itu komentar, posting-an dan stories. Mayoritas pembaruan YouTube dalam beberapa bulan terakhir dipusatkan di YouTube Stories agar kreator konten menawarkan pengalaman seperti di Instagram dan Snapchat. 

Kedepannya YouTube akan fokus pada peningkatan percakapan publik. Fitur pesan YouTube tak akan lagi tersedia pada 18 September 2019. Pengguna nantinya akan mendapati ikon berbagi di sudut kanan atas hilang. Sementara itu, tab kotak masuk di Android dan iOS kemungkinan akan hilang sehingga hanya tersedia ikon notifikasi. Sebagai gantinya, Google menyarankan pengguna untuk membagikan tautan di jejaring sosial lain. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: