XL Axiata tingkatkan kapasitas jaringan di Natal dan tahun baru

Guna memastikan jaringan aman terkendali, XL Axiata meningkatkan kapasitas jaringan sekitar 1.500 site.

XL Axiata tingkatkan kapasitas jaringan di Natal dan tahun baru (Foto: XL Axiata)

XL Axiata berupaya menjaga kualitas layanannya sepanjang libur Natal dan akhir tahun 2018. Guna memastikan jaringan aman terkendali, XL Axiata meningkatkan kapasitas jaringan sekitar 1.500 site. Fasilitas ini mengakomodir area atau wilayah yang diprediksi akan mengalami peningkatan trafik selama libur Natal dan tahun baru.

Diantara site tersebut antara lain berada di jalur utama transportasi darat menuju kota-kota tujuan liburan, serta di sekitar lokasi wisata. Upaya lainnya yang dilakukan operator bernuansa biru itu yakni penempatan sejumlah Mobile BTS di berbagai lokasi yang tersebar di Sumatra, Jakarta, pusat Kota Bandung serta di jalur tol trans Jawa, dan di Pangandaran.


BACA JUGA

Tri siap luncurkan 5G di Inggris, bagaimana di Indonesia?

Ribuan pelanggan Telkomsel dan XL Axiata mudik gratis

Telkomsel akselerasi 4G via bundling smartphone


Kata Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya dalam keterangan yang diterima Tek.id, "Kami hanya ingin memastikan semua akan aman berapapun kenaikan trafik yang akan terjadi. Apalagi, antusiasme masyarakat untuk berlibur kali ini sepertinya sangat besar, sehingga kami tentu harus mempersiapkan jaringan sebaik mungkin untuk kenyamanan masyarakat/pelanggan. Tim teknis kami di lapangan maupun dari fasilitas monitoring di XL Axiata Tower akan terus bersiaga, memantau dinamika trafik di semua lokasi layanan kami, termasuk di luar Jawa,"

Salah satu area yang menjadi perhatian XL Xiata yaitu jaringan di sepanjang jalan tol, Jawa dan luar Jawa. Menurut Yessie, keberadaan tol yang baru akan mendorong orang untuk bepergian saat libur panjang. Oleh karenanya, kebutuhan akan layanan komunikasi juga akan berpotensi meningkat di semua area.

Penguatan sinyal sudah dilakukan di BTS-BTS yang meng-cover jalan tol di sepanjang Pulau Jawa. Untuk jalur tol trans Jawa sendiri cakupan layanan XL Axiata 4G LTE bahkan sudah mencapai 98%.

Sebagaimana diketahui, berbagai layanan komunikasi kini mengandalkan layanan data. Tak ayal jika layanan data diramal menjadi elemen yang akan meningkat saat libur Natal dan tahun baru. Menyadari hal ini, XL Axiata memberikan perhatian khusus pada jaringannya dalam hal mengatur trafik secara simultan.

Teknologi pengaturan jaringan yang diterapkan XL Axiata antara lain mampu mengalihkan trafik penggunaan ke jalur yang lebih longgar. Selain itu, dari pusat monitoring jaringan, XL Axiata juga bisa mendeteksi lokasi-lokasi yang mengalami kenaikan trafik. Dengan begitu, antisipasi penyediaan jaringan yang memadai bisa dilakukan lebih dini.

Mengacu pada tren tahun sebelumnya, XL Axiata memprediksi trafik layanan khususnya data akan mengalami kenaikan pada malam tahun baru dan pada periode liburan panjang. Area-area yang diperkirakan akan mengalami kenaikan trafik meliputi area wisata dan pusat keramaian di beberapa kota besar, seperti di Carita, Bandung, Medan dan sekitar Berastagi, Denpasar, Surabaya, Banjarmasin serta Makasar. 

Secara keseluruhan periode Natal dan tahun baru kali ini, trafik layanan percakapan diperkirakan relatif stabil/stagnan, kemudian layanan SMS meningkat sekitar 4 persen. Khusus layanan data, diperkirakan meningkat sekitar 15-20 persen.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: