sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Jumat, 25 Jun 2021 08:30 WIB

Windows 11 resmi meluncur, tampilan ringkas dan lebih ringan

Microsoft akhirnya secara resmi merilis sistem operasi terbarunya dengan nama Windows 11 pada hari ini.

Windows 11 resmi meluncur, tampilan ringkas dan lebih ringan

Setelah berbulan-bulan rumor bertebaran di internet, Microsoft akhirnya secara resmi merilis sistem operasi terbarunya dengan nama Windows 11. Dalam Microsoft Event, perusahaan pengembang sistem operasi dengan pengguna terbesar di dunia ini, mengusung tema Create, Connect, and Play saat memperkenalkan Windows 11.

Tema tersebut diusung karena Microsoft secara garis besar memiliki fokus untuk menghadirkan pengalaman pengoperasian yang lebih sederhana atas sistem operasinya bagi para pengguna. Rombakan paling memukau yang disajikan dalam Windows 11 adalah pada bagian user interface (UI) atau antarmuka. Chief Product Officer Microsoft, Panos Panay mengatakan timnya telah berupaya keras untuk dapat mengkomposisikan desain UI yang lebih ramah dan bisa mendukung produktivitas pengguna.

“Tim memiliki obsesi yang kuat di setiap piksel, transparansi, warna, tekstur, itu semua tampak nyata, transisinya sangat indah,” kata Panos.

Sekilas, UI dari Windows 11 hampir memiliki kesamaan dengan sistem operasi milik Apple, MacOS. Pada bagian tampilan desktop, ikon home dan aplikasi diletakkan di bagian bawah dengan posisi ke tengah. Selain itu, tampilan desktop Windows 11 juga terdapat bilah notifikasi di bagian pinggir kanan, yang akan muncul ketika pengguna mengusap touchpad ke kiri.

Windows 11 juga mamiliki widget yang mencakup feed berita, cuaca, dan peta dengan latar transparan. Kemudian, sistem operasi terbaru milik Microsoft ini juga mengusung tampilan ikon yang lebih simpel dengan sudut membulat dan pewarnaan yang lebih soft. Ini semua membuat tampilan Windows 11 tampak jauh lebih sederhana dibanding pendahulunya.

Tak hanya tampilanya yang menjadi lebih sederhana. Panos mengatakan kalau Windows 11 secara sistem internal juga lebih ringkas. “Windows Update ini 40% lebih ringan dari sebelumnya, ini membuatnya lebih efisien juga lebih hemat energi yang dapat membuat baterai lebih awet,” kata Panos.

Sebagai sistem operasi yang lebih ringan, Windows 11 memungkinkan pengguna untuk mendapat pengalaman akses di beberapa aktivitas yang akan berjalan lebih cepat, seperti saat booting dan waking up. Selain itu, browsing melalui Edge juga akan berjalan lebih cepat di Windows 11.

Selain perubahan besar di UI, Microsoft juga memperkenalkan beberapa fitur baru lainnya yang menyertai Windows 11, seperti Microsoft Store dalam Windows 11. Microsoft juga membuat Windows 11 terintegrasi dengan Xbox Game Pass, yang memungkinkan pengguna untuk dapat bermain gim di cloud Xbox secara langsung.

Share
×
tekid
back to top