sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
Senin, 15 Apr 2024 14:43 WIB

Windows 11 akan tampilkan iklan di menu Start

Selain memperkenalkan elemen interaktif baru untuk Windows Spotlight, update ini juga dilengkapi dengan perubahan yang tidak terlalu disukai: lebih banyak rekomendasi aplikasi.

Windows 11 akan tampilkan iklan di menu Start

Microsoft baru-baru ini meluncurkan update baru (KB5037000) untuk Windows 11 Insiders di Beta Channel. Selain memperkenalkan elemen interaktif baru untuk Windows Spotlight, update ini juga dilengkapi dengan perubahan yang tidak terlalu disukai: lebih banyak rekomendasi aplikasi (yang pada dasarnya adalah iklan) di menu Start.

Dilansir dari Gizmochina (15/4), rekomendasi ini muncul di bagian “Recommended” di menu Start dan akan menampilkan aplikasi dari Microsoft Store berdasarkan penggunaan aplikasi terbaru pengguna. Artinya, kamu mungkin menemukan saran aplikasi yang tidak sesuai dengan minat.

Saat ini, menu Start mengatur aplikasi ke dalam bagian “Pinned” dan “Recommendations”. Yang terakhir biasanya mencakup file atau aplikasi yang baru saja digunakan, aplikasi yang baru diinstal, dan bahkan tip untuk memanfaatkan fitur Windows baru.

Sekarang, dengan update terkini, rekomendasi dari Microsoft Store telah ditambahkan, memberikan kesan seperti iklan.

Meskipun aplikasi yang direkomendasikan ini mungkin tidak langsung berasal dari pengembang aplikasi yang membayar penempatannya, Microsoft memperoleh pendapatan dari aplikasi yang didistribusikan melalui tokonya. Jadi, dari sudut pandang pengguna, ini masih terasa seperti iklan.

Namun ada kabar baik. Kamu dapat menonaktifkan fitur ini sepenuhnya. Cukup buka Settings > Personalizations > Start dan matikan “Show recommendations for tips, app promotions, dan more.” Selain itu, perubahan ini saat ini hanya memengaruhi Insider di Beta Channel dan perangkat pribadi, yang berarti komputer kerja (sering kali dikelola oleh organisasi) tidak terpengaruh untuk saat ini.

Yang terpenting, Microsoft belum mengonfirmasi apakah fitur ini akan hadir di rilis final Windows 11. Perusahaan menggunakan program Insider untuk mengumpulkan masukan, dan berdasarkan tanggapan pengguna, mereka mungkin memutuskan untuk membatalkan ide tersebut sama sekali.

Share
×
tekid
back to top