Windows 10 Mobile mati, Microsoft sarankan pindah ke Android atau iOS

Microsoft memastikan akan menghentikan layanan untuk Windows 10 Mobile. Hal ini berarti punahnya sistem operasi ini di dunia.

Windows 10 Mobile mati, Microsoft sarankan pindah ke Android atau iOS Source: Ubergizmo

Umumnya jarang ada produsen yang menyarankan konsumennya untuk beralih ke produk lainnya. Namun hal itu justru dilakukan oleh Microsoft. Perusahaan teknologi ini menyarankan pengguna sistem operasi Windows 10 Mobile untuk hijrah platform Android atau iOS.

Dilansir dari Ubergizmo (21/1), Microsoft tampaknya menyerah untuk mempertahankan perangkat dengan OS Windows. Perubahan itu terlihat di halaman dukungan Windows 10 Mobile pada website Microsoft. Di sana Microsoft mengatakan akan berhenti memberikan update, dukungan ataupun konten baru mulai dari 10 Desember 2019.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Ini solusi ketahanan perangkat lipat dari Microsoft

Microsoft buka uji coba fitur Power Toys di Windows 10

Microsoft akan uji coba layanan xCloud di Korea


Tak hanya itu, perangkat dengan sistem operasi Windows 10 Mobile versi 1073 tidak akan lagi menerima pembahruan terhitung sejak 11 Juni nanti. Dengan kata lain, Microsoft tidak akan lagi memberikan dukungan untuk perangkat yang menjalankan Windows 10 Mobile setelah tanggal yang ditentukan.

“Dengan berakhirnya dukungan untuk Windows 10 Mobile. Kami merekomendasikan pelanggan untuk pindah ke perangkat yang mendukung Android atau iOS,” begitu tulis Microsoft.

Untuk diketahui, di pertengah tahun 2017, Microsoft sempat mengumumkan akan menghentikan dukungan untuk OS Windows 8.1 melalui situs resminya. Namun kala itu masih ada Windows 10 Mobile yang masih diperjuangkan Microsoft.

Pengumuman yang dibuat Microsoft tersebut menandakan berakhirnya era Windows Phone di dunia. Ke depannya, Microsoft tidak akan lagi membuat sistem operasi untuk perangkat mobile.

Fitur seperti backup otomatis maupun manual tidak bisa lagi digunakan pada 10 Maret 2020, sementara fitur unggah foto dari perangkat yang di-backup hanya akan bekerja selama 12 bulan tambahan saja.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: